Karakteristik campuran aspal ACWC (Asphalt Concrete Wearing Course) dengan menggunakan tambahan serbuk ban bekas ukuran serbuk no 50 dan no. 100 / Pria Rizky Candra - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik campuran aspal ACWC (Asphalt Concrete Wearing Course) dengan menggunakan tambahan serbuk ban bekas ukuran serbuk no 50 dan no. 100 / Pria Rizky Candra

Candra, Pria Rizky (2016) Karakteristik campuran aspal ACWC (Asphalt Concrete Wearing Course) dengan menggunakan tambahan serbuk ban bekas ukuran serbuk no 50 dan no. 100 / Pria Rizky Candra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Candra PriaRizky. 2015. Karakteristik Campuran Aspal ACWC (Asphalt Concrete Wearing Course)Dengan Menggunakan Tambahan Serbuk Ban Bekas Ukuran Serbuk No. 50 dan No. 100.Skripsi Prodi S1 PendidikanTeknikBangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Henri Siswanto M.T. (II) Drs. H. Sugiyanto S.T M.T. Kata Kunci limbahban bekas lapisan ACWC parameter Marshall Banyaknyalimbah ban bekaskendaraanpadatahun 2013terdapat84 733 juta unit sepeda motor di seluruh Indonesiayang semakintahunmeningkatdanbelum dimanfaatkandenganmaksimalsertaperlunyaperbaikanpadacampuranlapisanaspalpadajalanraya yang ditandaidenganbanyakkerusakan yang terjadipadajalanraya sertaserbuk ban bekaskendaraan yang mengandungbahanlateksdiharapkanmampumenaikkannilaistabilitas/kekuatanpadacampuranaspallapisan ACWC padakadarserbuk ban tertentu. Penelitianinidilakukan untukmengetahui (1)BerapanilaistabilitasMarshall flow Marshallquotient VIM VMA dan VFA padacampuranagregataspallapisan ACWC (Asphalt ConcreteWearing Course) daripenambahanlimbah ban bekassebesar 0% 0 5% 1% 1 5% 3% 4 5% dan 6% terhadapjumlahagregat (2)Berapapersenkadartambahanlimbah ban bekasterbaikpadacampuran ACWC(Asphalt Concrete Wearing Course)ditinjauterhadapkarakteristikMarshall. Metode penelitian mencangkup beberapa tahapan yang dilakukan yaitu pemilihan bahan meliputi agregat serbuk ban dan aspal kemudian tahap pembuatan benda uji untuk menentukan kadar aspal optimum dengan rentang kadar aspal 4 5% 5% 5 5% 6% 6 5% 7% yang nantinya akan digunakan dalam langkah penelitian selanjutnya setelah diketahui nilai kadar aspal optimum kemudian dilakukan pembuatan benda uji dengan tambahan serbuk ban bekas dengan rentang kadar 0% 0 5% 1 5% 3% 4 5% 6% dan semua pengujian menggunakan alat Marshall. Hasildari penelitianadalah (1) Hasilpenelitianserbuk No.100 dankadarserbuk ban 1% mendapatkannilaistabilitastertinggi 1465 30kg nilaiflowtertinggiyaitu 4 87mm untuknilai VIMtertinggiyaitu 12 84% untuknilai VMAtertinggiyaitu 22 76% nilai VFAterendahyaitu 52 10% nilai MQterendahyaitu 152 22kg/mm (2) Dari hasilpenelitiandiperoleh penambahanserbuk ban terbaikyaitupadaukuranserbuk ban No.100 dankadarserbuk ban sebesar 1% yaitumendapatkannilaistabilitassebesar 1465 30kg flow sebesar 4 20 mm VIM sebesar 4 04% VMA sebesar 18 93% VFA sebesar 65 29% dan MQ sebesar 307 50 kg/mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44176

Actions (login required)

View Item View Item