Peningkatan kemampuan dan motivasi dengan pendekatan scientific dan berbantuan media website moodle e-learning pada mata pelajaran praktik kerja batu kelas XI di SMKN 3 Boyolangu / Fahrurrozi Hadi Wiyoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan dan motivasi dengan pendekatan scientific dan berbantuan media website moodle e-learning pada mata pelajaran praktik kerja batu kelas XI di SMKN 3 Boyolangu / Fahrurrozi Hadi Wiyoto

Wiyoto, Fahrurrozi Hadi (2015) Peningkatan kemampuan dan motivasi dengan pendekatan scientific dan berbantuan media website moodle e-learning pada mata pelajaran praktik kerja batu kelas XI di SMKN 3 Boyolangu / Fahrurrozi Hadi Wiyoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiyoto Fahrurrozi Hadi. PeningkatanKemampuandanMotivasiSiswadalamKerjaKelompokdanBerbantuan Media Website Moodle E-Learning pada Mata PelajaranPraktikKerjaBatuKelas XI di SMKN 3 Boyolangu. Skripsi Program StudiS1 Pendidikan Teknik Bangunan FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing 1Dr. H. Tri Kuncoro M.Pd.Pembimbing 2 Ir I Wayan Jirna M.T. Kata Kunci Kemampuan Motivasi E-Learning E-learning adalahsalahsatujenis media dalampembelajaran yang memanfaatkanteknologiinformasaidankomunikasi yang dapatmemuatsejumlahmateri gambar animasidan video secara digital yang memudahkaninteraksibelajarmengajardenganpesertadidiksecarainteraktiftanpaterbatasjarakdanwaktu.Moodle adalahsalahsatudari media pembelajaran yang dapatdigunakansecarabebassebagaiprodukterbuka (open source) danmemilikikeunggulanmenyajikankursussecaralengkapberupamateripembelajaranberbentukdokumen audio dan video yang dapatdiaksesolehsiswasecaramudahkapanpundandimanapun. Penelitianiniadalahpenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Sedangkanuntukmetodependekatannya menggunakanpendekatankualitatifyang digunakanuntukmelihatsecarajelasdalampelaksanaanlangkah-langkahpembelajaran yang diterapkandalamkelasdanhasilbelajarsiswasebagaihasilpenerapanpembelajarandengan metode scientific yang berbantuan media pembelajaran website moodledanpendekatankuantitatifyang digunakanuntukmelihatseberapabesarpeningkatankemampuandanmotivasisiswadalampraktikkerjabatu dengan metode scientific. Hasil dari penelitian membuktikan dapatmeningkatkankemampuansiswa (hasilkerja). Ditunjukkandenganpersentasepeningakatandarisiklus II ke III nilaiafektifsiswameningkatsebesar 17 24% nilaipsikomotoriksiswameningkatsebesar 13 29% dannilaikognitifsiswaterjadipeningkatansebesar 24 14%. Dan begitu juga dapat meningkatkanmotivasibelajarsiswa. Selainitusiswalebihaktifuntukmelakukankegiatanpraktikkerja. Hal iniditunjukkan rata-rata indikatormotivasisiklus I II III didapatprosetasekenaikan rata-rata indikatormotivasisebesar 0 53%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44173

Actions (login required)

View Item View Item