Ahsan, Rizka Sarah Heydarian Fathima (2023) Analisis Kesesuaian Hasil Pembelajaran Kejuruan Tata Busana dengan Portofolio Fesyen Standar Industri di SMK Negeri 3 Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepopuleran program keahlian busana ini meningkat menyebabkan ledakan jumlah lulusan dengan profesi Fesyen Desainer di Indonesia sehingga persaingan mendapatkan pekerjaan di dunia industri kreatif relatif sangat ketat. Perusahaan atau industri akan menyeleksi calon pelamarnya selain menggunakan CV juga melihat dari portofolio fesyen calon pelamar. Namun, lulusan SMK Tata busana masih banyak yang belum mengetahui konsep dan cara membuat portofolio fesyen untuk digunakan dalam melamar kerja maupun menjadi media presentasi kepada seorang klien untuk memamerkan keahlian dan potensi yang dimiliki. Fokus penelitian ini pada hasil pembelajaran kejuruan yang dapat digunakan untuk portofolio fesyen yang sesuai dengan standar industri di SMK Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini melibatkan 14 informan yang terdiri dari ketua jurusan tata busana, guru produktif tata busana dan siswa dari setiap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan tiga alur kegiatan yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Temuan pada penelitian ini menyatakan bahwa mata pelajaran bidang keahlian busana di SMK Negeri 3 Malang dapat menghasilkan komponen-komponen yang dapat dibentuk menjadi portofolio feysen. Mata pelajaran tersebut adalah Desain Busana, Pembuatan Hiasan Busana, Pembuatan Busana Custom Made, Pembuatan Busana Industri, dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Selain itu terdapat perbedaan pemahaman portofolio feysen dari ketua jurusan, guru dan murid. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yaitu, portofolio fesyen tidak diajarkan di sekolah atau menjadi capaian pembelajaran dalam kurikulum; SMK Negeri 3 Malang fokus pada keterampilan teknis, sehingga walaupun portofolio fesyen merupakan aspek penting dalam karir fesyen, namun belum menjadi fokus utama; dan kurangnya sumber daya dan pelatihan guru yang memiliki pengetahun dan pengalaman dalam portofolio fesyen. Rekomendasi yang diberikan adalah melibatkan guru dengan pelatihan atau program reupskilling sektor fesyen terkait portofolio fesyen. Pendekatan ini akan memungkinkan pengajaran siswa melalui penugasan berbasis job sheet yang terarah pada proyek tunggal, memastikan keberhasilan pembuatan portofolio fesyen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 04:10 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 04:10 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4417 |
Actions (login required)
View Item |