Imamuddin, Yusril (2023) Pengembangan E-modul Android Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Mendesain Gambar Vektor di SMK Negeri 1 Kalitengah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran berpengaruh untuk menciptakan media pembelajaran yang kreatif, efektif dan efisien sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Media pembelajaran yang digunakan di SMK Negeri 1 Kalitengah masih minim sehingga timbul beberapa permasalahan yang komplek, hal ini didukung oleh pernyataan pendidik dan observasi lapangan seperti (a) Belum adanya Modul Ajar yang berkaitan dengan design brief dan karya desain; (b) Pembelajaran berpedoman pada media sederhana; (c) Peserta didik kurang aktif dalam mencari sumber belajar; (d) Peserta didik kesulitan dalam belajar mendesain vektor; (e) Hasil penilaian praktik desain pada sumatif semester ganjil keseluruhan tidak tuntas. Dari lima permasalahan yang ada akan dilakukan penyelesaian empat masalah diantaranya belum adanya modul ajar, modul konvensional, kurang aktif peserta didik dalam mencari sumber belajar, dan kesulitan dalam mendesain gambar vektor. Dari empat pemecahan masalah tersebut akan dikembangkan media pembelajaran e-modul android dan perangkat pembelajaran modul ajar. Tujuan penelitian ini adalah (a) Menghasilkan e-modul android berbasis PjBL pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Kalitengah; (b) Menganalisis kelayakan e-modul android berbasis PjBL pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Kalitengah; (c) Menganalisis efektivitas e-modul android berbasis PjBL pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Kalitengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D model ADDIE. Terdapat lima langkah mencakup komponen analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Untuk penghimpun data menggunakan wawancara, angket, tes dan observasi. Subjek pada penelitian ini 34 peserta didik fase F Desain Komunikasi Visual SMK Negeri 1 Kalitengah. Hasil Pengembangan meliputi, Modul Ajar, E-Modul dan Instrumen Penelitian pada mata pelajaran Desain Komunikasi Visual. Produk perangkat pembelajaran modul ajar design brief yang telah dikembangkan memiliki kelayakan dengan katagori sangat layak dengan rerata hasil keseluruhan sebesar 92.3% dan 94.3% karya design. E-modul android dengan validator ahli materi tingkat rerata keseluruhan aspek validitas e-modul 91.33%. E-modul android validator ahli media rerata keseluruhan aspek sebesar 89,33%. Dilakukan implementasi pada praktisi lapangan dengan nilai rerata keseluruhan 90.75% dan peserta didik dengan hasil rerata keseluruhan respon peserta didik pada e-modul adalah 90.80% dengan kategori sangat layak. Keefektifan produk media pembelajaran e-modul desain brief dan karya desain memperoleh nilai rata-rata hasil unjuk kerja 94,10 dengan kategori efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 05:59 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 05:59 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4416 |
Actions (login required)
View Item |