Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Nganjuk / Ananda Putri Vitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Nganjuk / Ananda Putri Vitaningrum

Vitaningrum, Ananda Putri (2015) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Nganjuk / Ananda Putri Vitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vitaningrum AnandaPutri. 2015. PengaruhModel Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadapHasilBelajarSiswaPadaMata PelajaranMekanikaTeknikKeahlianTeknikGambarBangunan SMK Negeri 1 Nganjuk. Skripsi JurusanTeknikSipil Program Studi S1 PendidikanTeknikBangunan FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T.(II)Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. Kata kunci learning cycle 5E hasilbelajar Learning Cycle 5Emerupakansalahsatu model pembelajarandenganpendekatankonstruktivissehinggapembelajaranberpusatpadasiswa.Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengetahuihasilbelajarmatapelajaranmekanikateknikmenggunakan model pembelajaranLearning Cycle 5Edan(2) mengetahuipeningkatanhasilbelajarmatapelajaranmekanikateknikmenggunakan model pembelajaranLearning Cycle 5E. Metodepenelitian yang digunakanyaituPre-Experimental Design dengandesainIntact-Group Comparison.Penelitiandilakukan di SMKNegeri 1 Nganjukdenganmenggunakanduakelasyaitukelas X TGB1sebagaikelaseksperimendankelas X TGB 2sebagaikelaskontrol. KelaseksperimendiberiperlakuanyaitupenerapanpembelajaranLearning Cycle 5Edankelaskontrolpembelajarankonvensional. Data hasilbelajardianalisisdenganujiprasyaratyaituujinormalitasdanujihomogenitas kemudiandilanjutkandenganujihipotesisdenganuji T atauIndependent sample T-testmenggunakanSPSS 20.0 for windows. HasilpenelitianmenunjukkanpembelajaranLearning Cycle 5Edapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranmekanikatekniksecarasignifikan.Hal iniditunjukkanolehreratahasilbelajarsiswadenganpembelajaranLearning Cycle 5Elebihtinggidibandingkanpembelajarankonvensional. Perolehannilaikognitifsiswa di atas KKM sebesar 75% untukkelaseksperimen sedangkan 27% untukkelaskontrol. Saran untukguru hendaknya model pembelajaranLearning Cycle 5Editerapkanpadamatapelajaranmekanikateknikkarenadapatmenciptakansuasanabelajar yang tidakmembosankandanmenjadikansiswalebihaktif.Sekolahhendaknyamengadakanpelatihantentang model pembelajaranuntukmenciptakankondisibelajar yang lebihefektif salahsatunyaadalahLearning Cycle 5E.Bagipenelitilanjutan disarankanmemilihmatapelajaranlain misalnyamatapelajaranteoridanpraktikum.Learning Cycle 5Ecocokdigunakanuntukmatapelajarandengandurasiwaktu lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44159

Actions (login required)

View Item View Item