Vitaningrum, Ananda Putri (2015) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Nganjuk / Ananda Putri Vitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Vitaningrum AnandaPutri. 2015. PengaruhModel Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadapHasilBelajarSiswaPadaMata PelajaranMekanikaTeknikKeahlianTeknikGambarBangunan SMK Negeri 1 Nganjuk. Skripsi JurusanTeknikSipil Program Studi S1 PendidikanTeknikBangunan FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I)Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T.(II)Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. Kata kunci learning cycle 5E hasilbelajar Learning Cycle 5Emerupakansalahsatu model pembelajarandenganpendekatankonstruktivissehinggapembelajaranberpusatpadasiswa.Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengetahuihasilbelajarmatapelajaranmekanikateknikmenggunakan model pembelajaranLearning Cycle 5Edan(2) mengetahuipeningkatanhasilbelajarmatapelajaranmekanikateknikmenggunakan model pembelajaranLearning Cycle 5E. Metodepenelitian yang digunakanyaituPre-Experimental Design dengandesainIntact-Group Comparison.Penelitiandilakukan di SMKNegeri 1 Nganjukdenganmenggunakanduakelasyaitukelas X TGB1sebagaikelaseksperimendankelas X TGB 2sebagaikelaskontrol. KelaseksperimendiberiperlakuanyaitupenerapanpembelajaranLearning Cycle 5Edankelaskontrolpembelajarankonvensional. Data hasilbelajardianalisisdenganujiprasyaratyaituujinormalitasdanujihomogenitas kemudiandilanjutkandenganujihipotesisdenganuji T atauIndependent sample T-testmenggunakanSPSS 20.0 for windows. HasilpenelitianmenunjukkanpembelajaranLearning Cycle 5Edapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranmekanikatekniksecarasignifikan.Hal iniditunjukkanolehreratahasilbelajarsiswadenganpembelajaranLearning Cycle 5Elebihtinggidibandingkanpembelajarankonvensional. Perolehannilaikognitifsiswa di atas KKM sebesar 75% untukkelaseksperimen sedangkan 27% untukkelaskontrol. Saran untukguru hendaknya model pembelajaranLearning Cycle 5Editerapkanpadamatapelajaranmekanikateknikkarenadapatmenciptakansuasanabelajar yang tidakmembosankandanmenjadikansiswalebihaktif.Sekolahhendaknyamengadakanpelatihantentang model pembelajaranuntukmenciptakankondisibelajar yang lebihefektif salahsatunyaadalahLearning Cycle 5E.Bagipenelitilanjutan disarankanmemilihmatapelajaranlain misalnyamatapelajaranteoridanpraktikum.Learning Cycle 5Ecocokdigunakanuntukmatapelajarandengandurasiwaktu lama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44159 |
Actions (login required)
View Item |