Analisis soal yang dibuat oleh guru pada kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Lailatul Maghviroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis soal yang dibuat oleh guru pada kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Lailatul Maghviroh

Maghviroh, Lailatul (2015) Analisis soal yang dibuat oleh guru pada kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Lailatul Maghviroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maghviroh Lailatul. 2015. Analisis Soal yang Dibuat oleh Guru pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (II) Drs. Ir. H. Sudomo M.M.T. Kata kunci tingkat ranah analisis soal kompetensi guru teknik gambar bangunan Soal yang baik akan mampu mengukur keberhasilan suatu proses pembelajaran dengan benar untuk mengetahui apakah soal yang digunakan baik atau tidak maka dilakukan evaluasi butir soal yang bertujuan untuk mengidentifikasi soal-soal yang baik kurang baik dan jelek. Dengan analisis butir soal dapat diperoleh informasi tentang kualitas sebuah soal dan petunjuk untuk mengadakan perbaikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1) penyebaran tingkat ranah soal ujian akhir semester mata pelajaran adaptif normatif dan produktif bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru (2) analisis kualitas soal ujian akhir semester mata pelajaran adaptif normatif dan produktif bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dengan data yang diperoleh berupa dokumen soal ujian akhir semester buatan guru di SMK Negeri 6 Malang untuk mata pelajaran adaptif normatif dan produktif pada kompetensi keahlian teknik gambar bangunan sejumlah 1545 butir soal dan jawaban peserta didik dari soal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat berfikir soal ujian akhir semester mata pelajaran adaptif normatif dan produktif bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru didominasi oleh berfikir tingkat rendah pada tingkat pengetahuan dan pemahaman terlalu besar. Tingkat aplikasi dan anlisis terlalu kecil. Tingkat evaluasi dan kreativitas tidak tersedia (2) analisis kualitas soal ujian akhir semester mata pelajaran adaptif normatif dan produktif bentuk pilihan ganda yang dibuat oleh guru berada dalam kategori jelek dengan hasil validitas soal sangat jelek indeks kesukaran didominasi soal mudah daya pembeda soal jelek reliabiltas soal dengan kriteria rendah dan fungsi distraktor tidak berfungsi. Berdasarkan hasil penelitian di atas saran yang dapat diberikan adalah (1) guru kelompok mata pelajaran adaptif normatif dan produktif hendaknya selalu meningkatkan kompetensinya sehingga kegiatan evaluasi melalui penilaian dengan menggunakan tes bentuk pilihan ganda benar-benar dapat mengukur sejauh mana peserta didik menangkap materi yang telah diajarkan guru (2) kepala sekolah hendaknya memfasilitasi guru untuk bisa mengikuti kegiatan pelatihan penyusunan soal seperti mengadakan seminar atau pelatihan untuk guru tentang tata cara pembuatan soal yang baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku (3) peneliti selanjutnya diharapkan bisa melanjutkan pada populasi yang lebih luas untuk mengetahui kualitas soal yang dibuat oleh guru secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44145

Actions (login required)

View Item View Item