Mulaamatu Muhtawa Al-Kitab Al-Madrasi Al-lughah Al-Arabiyah Al-Mustawa Al-Mutawasithah Liwizarati Asy-Syuuni Ad-Diniyati Sanata 2020 Fi Dhou'i William Francis Mackey - Repositori Universitas Negeri Malang

Mulaamatu Muhtawa Al-Kitab Al-Madrasi Al-lughah Al-Arabiyah Al-Mustawa Al-Mutawasithah Liwizarati Asy-Syuuni Ad-Diniyati Sanata 2020 Fi Dhou'i William Francis Mackey

Amalia, Norma Yunita Putri (2022) Mulaamatu Muhtawa Al-Kitab Al-Madrasi Al-lughah Al-Arabiyah Al-Mustawa Al-Mutawasithah Liwizarati Asy-Syuuni Ad-Diniyati Sanata 2020 Fi Dhou'i William Francis Mackey. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar merupakan buku ajar yang terdiri dari susunan materi yang telah disusun secara sistematis untuk memudahkan siswa dalam memahami materi dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Kehadiran buku ajar diharapkan untuk membantu siswa dalam mencapai keberhasilan belajar di dalam kelas maupun luar kelas, selain itu bahan ajar menjadi motivasi siswa untuk berpikir tentang sesuatu yang belum diketahui. Sebagaimana kita ketahui buku ajar ditulis berdasarkan standar kurikulum yang berbeda, untuk itu penulis ingin menganalisis buku ajar Kemenag dengan menggunakan teori William Francis Mackey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pada aspek seleksi, gradasi, presentasi, dan repitisi materi berdasarkan teori William Francis Mackey. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Objek utama dalam penelitian ini adalah materi pada buku bahasa Arab kelas VII madrasah tsanawiyah. Adapun Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri atau yang disebut human instrument. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi yang mana didalamnya terdapat teknik catat. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini ada teknik Content Analysis menurut Krippendorf. Setelah teknik analisis data peneliti menyimpulkan data-data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa, aspek seleksi materi tidak sesuai dengan teori William Francis Mackey karena tujuan pembelajaran tidak tertulis di dalam bahan ajar sehingga siswa tidak mengetahui secara jelas serta faktor khusus yang terdapat pada kosakata dan kaidah bahasa Arab. penyusunan materi buku bahasa Arab. Aspek gradasi pada buku ini telah sesuai denagn teori William Francis Mackey, karena pengelompokkan materi telah disesuaikan dengan kegiatan sehari hari, serta dalam pengurutan materi juga disesuaikan dengan kompetensi siswa, materi diurutkan dari level mudah hingga sulit. Penyajian materi dalam buku ini telah memenuhi empat model presentasi yaitu prosedur diferensial, prosedur otensif, prosedur pictorial, dan prosedur kontekstual, dari keempat model presentasi yang dipakai dalam buku Bahasa Arab ini prosedur pictoral yang dominan disajikan dalam buku ini. Sedangkan untuk aspek repitisi materi kurang sesuai dengan teori William Francis Mackey karena tidak terdapat maharah kitabah secara khusus dalam buku ajar ini hanya terdapat maharah qira’ah, maharah kalam, dan maharah istima’ serta penajaman materi dalam buku ini disajikan dengan model latihan yang dimuat setiap akhir bab, dan model evaluasi yang dimuat diakhir semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S2 Keguruan Bahasa Arab
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:04
Last Modified: 25 Sep 2023 06:04
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4413

Actions (login required)

View Item View Item