Pengaruh jenis pekerjaan orang tua terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Kota Malang / Nugraheni Vickytasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh jenis pekerjaan orang tua terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Kota Malang / Nugraheni Vickytasari

Vickytasari, Nugraheni (2015) Pengaruh jenis pekerjaan orang tua terhadap minat berwirausaha siswa SMK di Kota Malang / Nugraheni Vickytasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vickytasari Nugraheni. 2015. Pengaruh Jenis Pekerjaan Orang Tua terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK di Kota Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Wasito Dip. Ed M. Pd (II) Drs. Mujiyono M. Pd. Kata Kunci jenis pekerjaan minat berwirausaha Lingkungan keluarga merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi minat anak. Salah satu faktor dalam lingkungan keluarga adalah jenis pekerjaan orang tua pada pembentukan masa depan anak dimungkinkan anak masih meniru pekerjaan orang tua. Pekerjaan orang tua terbagi menjadi beberapa jenis yaitu wirausaha PNS ABRI BUMN dan karyawan. Minat anak dalam berwirausaha tergantung pada lingkungan disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh jenis pekerjaan orang terhadap minat berwirausaha siswa SMK di kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 6 Malang dan SMK Nasional yang memprogram kmpetensi keahlian teknik bangunan dengan sampel sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Koefisien Kontingensi (Contingency Coefficient). Hasil analisis penelitian adalah terdapat pengaruh antara jenis pekerjaan orang tua dengan minat berwirausaha siswa SMK di kota Malang dengan Koefisien Kontingensi (Contingency Coefficient) sebesar 967 2hitung 11 587 8805 967 2tabel 3 84. Berdasarkan penelitian ini diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk meneliti lebih detail jenis pekerjaan orang tua yang masuk dalam kategori wiraswata. Kepada guru pengajar pendidikan kewirausahaan diharapkan mampu memberikan motivasi pada siswa dalam beriwirausaha sehingga minat siswa dalam berwirausaha meningkat agar minat berwirausaha yang relevan sesuai bidang keahliannya meningkat maka guru pengajar dan orang tua perlu memperhatikan lingkungan keluarga siswa. Sedangkan kepada pihak sekolah diharapkan mampu merancang pembelajaran pendidikan kewirausahaan untuk meningkatkan minat siswa dalam berwirausaha sesuai dengan bidang keahliannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44129

Actions (login required)

View Item View Item