Penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran konstruksi bangunan pada siswa kelas X paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Setya Ajeng Rahajeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran konstruksi bangunan pada siswa kelas X paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Setya Ajeng Rahajeng

Rahajeng, Setya Ajeng (2015) Penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran konstruksi bangunan pada siswa kelas X paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Setya Ajeng Rahajeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahajeng SetyaAjeng. 2015. PenerapanMetodePembelajaran Kooperatif Jigsaw pada MataPelajaranKonstruksiBangunanpada Siswa Kelas X Paket Keahlian TeknikGambarBangunan di SMK Negeri6 Malang. Skripsi JurusanTeknikSipil Program StudiPendidikanTeknikBangunan FakultasTeknik.UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Dardiri M. Pd. (II) Drs. EkoSuwarno M. Pd. Kata Kunci jigsaw hasilbelajar Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswasertamengetahuiafektifitaspenerapanmetodepembelajarankooperatiftipejigsaw dalammeningkatkanaktivitasbelajarsiswa kelas X Paket KeahlianBangunanTeknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang padamata pelajaran KonstruksiBangunan. Desin penelitianinimenggunakanrisettindakankelas (classroom action research). Tindakan dilakukan dalamduasiklus. Siklus I dimulaidenganidentifikasipermasalahan yang ada didalam kelas perencanaanberupapenyusunan langkah-langkahpembelajaranmelaluipenggunaanmetodepembelajarankooperatiftipejigsaw pelaksanaantindakan observasi evaluasi analisisdanangketrefleksiuntuktindakanpadasiklus II. Dasarpelaksanaantindakankelasiniadalahobservasiawal (prasiklus) yang menunjukkankurangmaksimalnyahasilbelajarsiswa yaiturata-rata nilaihasiltestulissiswaadalah 72 3. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada siklus 1 diketahui dari total 37 siswa sebanyak 9 siswa (24%) memiliki hasil belajar dengan predikat sangat baik 15 siswa (41%) memiliki hasil belajar dengan predikat baik 8 siswa (22%) memiliki hasil belajar dengan predikat cukup 3 siswa (8%) memiliki hasil belajar dengan predikat kurang dan 2 siswa (5%) memiliki hasil belajar dengan predikat sangat kurang. Ketuntasan klasikal pada siklus 1 belum tercapai karena akumulasi persentase ketuntasan hanya 65% sehingga peneliti berkolaborasi dengan guru untuk melanjutkan tindakan menuju siklus 2 .Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada siklus 2 diketahui dari total 37 siswa sebanyak 11 siswa (30%) memiliki hasil belajar dengan predikat sangat baik 17 siswa (46%) memiliki hasil belajar dengan predikat baik 6 siswa (16%) memiliki hasil belajar dengan predikat cukup 2 siswa (5%) memiliki hasil belajar dengan predikat kurang dan hanya 1 siswa (3%) yang memiliki hasil belajar dengan predikat sangat kurang. Ketuntasan klasikal pada siklus 2 telah tercapai karena akumulasi persentase ketuntasan mencapai 76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas X JurusanTeknikGambarBangunan SMK Negeri 6 Malang TahunPelajaran 2014/2015 dalam pembelajaran konstruksi bangunan. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44128

Actions (login required)

View Item View Item