Pengembangan media pembelajaran video tutorial autocad untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 2 Trenggalek / Mubassyiraat Zaid Jawami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran video tutorial autocad untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 2 Trenggalek / Mubassyiraat Zaid Jawami

Jawami, Mubassyiraat Zaid (2014) Pengembangan media pembelajaran video tutorial autocad untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 2 Trenggalek / Mubassyiraat Zaid Jawami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jawami Mubassyiraat Zaid . 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Autocad untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Menggambar dengan Perangkat Lunak di SMKN 2 Trenggalek. Skripsi Program S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Apif Miftahul Hajji S.T M.T M.Sc. Ph. D. (II) Drs. Eko Suwarno M. Pd. Kata Kunci media pembelajaran video tutorial autocad aktivitas belajar siswa Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di seluruh penjuru dunia semakin pesat. Hal ini memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan salah satu kegunaan teknologi tersebut ialah sebagai media pembelajaran. Pengembangan media ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran video tutorial autocad untuk kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 2 Trenggalek (2) mendeskripsikan penerapan produk media hasil pengembangan sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 2 Trenggalek (4) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada kompetensi dasar menggambar dengan perangkat lunak di SMKN 2 Trenggalek. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development Sugiyono yang telah dimodifikasi melalui tahap-tahap (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi produk (6) uji coba pemakaian. Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba media diujikan kepada siswa kelas X TGB di SMKN 2 Trenggalek. Rancangan penelitian menggunakan Intac-Group Comparison untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dari penggunaan media pembelajaran video tutorial autocad. Hasil pengembangan adalah media pembelajaran video tutorial autocad yang terdiri dari berbagai kombinasi materi gambar musik suara dan video yang berbentuk file MP4. Video terdiri dari 6 video utama yaitu (1) video pembukaan (2) video memuat materi tentang linetype (3) video memuat materi tentang layer (4) video memuat materi tentang block insert bedit (5) video memuat materi tentang wblock x-ref properties dan (6) video penutup. Hasil validasi ahli materi pada media pembelajaran video tutorial autocad telah valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan persentase rata-rata sebesar 87%. Hasil validasi ahli media pada media pembelajaran video tutorial autocad menunjukkan persentase rata-rata sebesar 88%. Revisi terhadap produk antara lain (1) penyesuaian judul dengan materi (2) penambahan tugas menggambar denah rumah sederhana pada akhir materi (3) penambahan video orang kerja di proyek pada pembukaan materi (4) penambahan tampilan awal dan akhir supaya lebih menarik lagi. Hasil uji coba pemakaian adalah terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas yang memakai media pembelajaran video tutorial autocad dengan kelas yang memakai media konvensional. Perbedaan tersebut dapat diketahui dari analisis SPSS t hitung (3 894) lebih besar dati t tabel (2 024). Adapun besarnya skor rata-rata aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari analisis SPSS pada kolom mean menunjukkan besarnya skor rata-rata aktivitas belajar siswa yang memakai media pembelajaran video tutorial autocad adalah 46 60 sedangkan kelas yang memakai media konvensional adalah 39 70. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan skor aktivitas belajar siswa sebesar 17 3%. Hasil uji coba pemakaian produk media pembelajaran video tutorial autocad yaitu Pada visual aktivities kelas eksperimen memperoleh skor 45 7 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 42. Pada oral aktivities kelas eksperimen memperoleh skor 28 5 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 22 5. Pada listening aktivities kelas eksperimen memperoleh skor 47 5 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 39 3. Pada writing aktivities kelas eksperimen memperoleh skor 18 8 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 20 8. Pada drawing aktivities kelas eksperimen memperoleh skor 95 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 52. Pada motor aktivities kelas eksperimen memperoleh skor 58 5 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 47 5. Pada mental aktivities kelas eksperimen memperoleh skor 44 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 31 5. Pada emosional aktivities kelas eksperimen memperoleh skor 46 5 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 38. Saran yang dapat diberikan antara lain (1) bagi guru hendaknya mempersiapkan peralatan pada saat mengajar menggunakan media pembelajaran video tutorial dan diharapkan guru menguasai cara pembuatan video tutorial (2) bagi siswa harapannya video tutorial autocad dijadikan sarana belajar pada saat di rumah maupun di sekolah (3) bagi sekolah harapannya video tutorial ini dijadikan koleksi sumber belajar di sekolah dapat juga di perjual-belikan kepada siswa maupun umum. (4) bagi peneliti lain harapannya pengembangan ini terus berlanjut dengan sajian materi yang mengacu pada kurikulum terbaru dan uji coba pemakaian pada subyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44098

Actions (login required)

View Item View Item