Analisis perbedaan hasil pengukuran koordinat peta situasi antara yang diukur dengan teodolit dan total station / Pratama Yoga Pemelang - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan hasil pengukuran koordinat peta situasi antara yang diukur dengan teodolit dan total station / Pratama Yoga Pemelang

Pemelang, Pratama Yoga (2014) Analisis perbedaan hasil pengukuran koordinat peta situasi antara yang diukur dengan teodolit dan total station / Pratama Yoga Pemelang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yoga Pamelang Pratama. 2014. Analisis Perbedaan Hasil Pengukuran Koordinat Peta Situasi Antara Yang Diukur Dengan Teodolit Dan Total Station. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tonny Sudianto M. T. (II) Ir. Titi Rahayuningsih M. Si. Kata Kunci Koordinat Teodolit Total Station. 12288 12288 12288 12288 Dalam ilmu ukur tanah terdapat berbagai macam unsur-unsur materi yang dipelajari antara lain (1) perhitungan luas lahan (2) perhitungan sudut (3) perhitungan elevasi (4) perhitungan kontur. Pengukuran dalam ilmu ukur tanah menggunakan beberapa alat diantaranya pesawat penyipat datar (waterpass) pesawat penyipat ruang (teodolit) dan total station. Pelaksanaan pengukuran dan tahap perhitungan dalam ilmu ukur tanah harus dilakukan secara teliti karena kesalahan dari pengukuran yang dilakukan akan menyebabkan hasil hitungan tidak relevan dengan keadaan sebenarnya di lapangan. Pengukuran lahan dilakukan menggunakan pesawat teodolit dan total station dengan menentukan sudut serta jarak dari titik-titik yang ditentukan. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan hasil koordinat pengukuran koordinat peta situasi antara pesawat teodolit dan total station.Proses pengukuranteodolit dan total station dilakukan pengukuran ke I dan pengukuran ke II pada titik yang sama dimana pengukuran ke I sebagai bacaan biasa dan pengukuran ke II sebagai bacaan luar biasa.Lokasi pengukuran pada penelitian ini dilakukan dilingkungan Universitas Negeri Malang dilakukan pada tanggal11 April 2014. Pengukuran yang dilakukan menggunakan metode polar.Analisa hasil yang digunakan adalah Uji Chi-Square dengan jumlah pengukuran 36 kali pengukuran. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesawat total station digunakan sebagai pedoman pesawat pengukur koordinat yang lain karena dalam penelitian ini rerata kesalahan pada pengukuran koordinat dengan menggunakan pesawat total stationpada sumbu X yang berbeda pada 16 7% sumbu Y 13 9% dan sumbu Z 27 8%. Dengan demikian pesawat total stationdapat digunakan pada pengukuran yang memerlukan ketelitan yang cukup tinggi. Hasil pengukuran koordinat peta situasidengan menggunakan pesawat theodolit didapat rerata kesalahan padasumbu X mencapai 97 2% sumbu Y 91 7% dan sumbu Z 100%. Hasil pengukuran koordinat peta situasi dengan menggunakan pesawat total station didapat rerata kesalahan padasumbu X mencapai 94 4% sumbu Y 97 2% dan sumbu Z 100%.Setelah diteliti dengan menggunakan metode analisis Chi-Square kesalahan yang didapat pada pengukuran koordinat peta situasidengan theodolit didapat reratasumbu X 16 7% sumbu Y 13 9% dan sumbu Z 27 8%. Dalam pengukuran koordinat peta situasiantara pesawat teodolit dan total station setelah diteliti di dapat hasil bahwa tidak ada perbedaan hasil pengukuran koordinat. Pengukuran koordinat peta situasidengan menggunakan pesawat total station didapat ketelitian hasil yang lebih akurat karena rerata kesalahan pesawat total station(0 001) lebih kecil dari rerata kesalahan dengan menggunakan teodolit (0 014).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44096

Actions (login required)

View Item View Item