Perbandingan kekuatan geser balok dan blok geser dari bambu petung laminasi arah tengensial / Sofiati Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan kekuatan geser balok dan blok geser dari bambu petung laminasi arah tengensial / Sofiati Ningrum

Ningrum, Sofiyati (2014) Perbandingan kekuatan geser balok dan blok geser dari bambu petung laminasi arah tengensial / Sofiati Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningrum Sofiyati. 2014. Perbandingan Kekuatan Geser Balok dan Blok Geser dari Bambu Petung Laminasi Arah Tangensial. Skripsi Program Studi SI Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Karyadi S.Pd. M.P. M.T. (II) Drs. Prijono Bagus S. S.T M.T. Kata Kunci Laminasi Bambu Kuat Geser Balok Laminasi Blok Geser Laminasi. Berkembangannya jumlah penduduk yang pesat mengakibatkan meningkatnya kebutuhan perumahan kebutuhan kayu dan dapat mengakibatkan eksploitasi kayu hutan yang berlebihan sehingga membahayakan kelestarian hutan. Maka perlu dicari bahan pengganti lain sebagai pengganti kayu hutan yaitu bambu. Terdapat berbagai jenis bambu di Indonesia salah satunya adalah bambu petung (Dendrocalamus asper). Bambu memiliki bentuk yang berongga penampangnya berupa lingkaran tidak sempurna tidak prismatis dan memiliki keterbatasan untuk pemakaiannya untuk mengatasi hal itu maka dilakukan proses untuk menjadi bahan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan antara lain menjadi balok dengan teknologi laminasi. Bambu memiliki sifat fisika dan mekanika salah satunya yaitu kuat geser. Untuk penelitian kuat geser yang membandingkan hubungan kuat geser antara balok laminasi dengan blok geser bambu laminasi belum ada. Benda uji dibuat balok dan blok dengan tujuan untuk membandingkan tegangan geser dari struktur laminasi bambu antara geser balok dan blok geser. Untuk runtuh geser atau kerusakan pada blok geser dikondisikan sama dengan kerusakan pada balok. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) nilai kuat geser balok laminasi (2) nilai kuat geser blok geser (3) perbandingan kuat geser balok dan blok geser (4) hubungan antara kuat geser balok dan blok geser. Rancangan penelitian ini adalah eksperimental dengan variabel bebas adalah metode pengujian kuat geser yaitu uji lentur dan uji blok geser sedangkan variabel terikatnya yaitu nilai kuat geser dan variabel kontrolnya yaitu perekat dan perekatan yang terdiri dari bahan perekat jumlah perekat yang terlabur dan teknik pengempaan. Perekat yang digunakan adalah jenis Urea Formaldehyde dengan perekatan terlabur optimal 50/MDGL dan pengempaan 2 Mpa. Teknik analisis data perbandingan benda uji dengan uji t (Two Tail) dan untuk hubungan antara kedua benda uji menggunakan garis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kuat geser dari balok laminasi benda uji 1 2 3 4 5 dan 6 bertirut-turut 63 86 kg/cm2 41 82 kg/cm2 50 89 kg/cm2 65 20 kg/cm2 29 09 kg/cm2 dan 78 87 kg/cm2. Nilai rerata tegangan blok geser benda uji 1 2 3 4 5 dan 6 berturut-turut 95 60 kg/cm2 98 17 kg/cm2 89 44 kg/cm2 97 50 kg/cm2 87 51 kg/cm2 dan 83 90 kg/cm2. Perbandingan dari kedua benda uji yaitu 54 95 balok laminasi dan 92 02 dengan selisih rata-rata 37 07. Hubungan antar balok laminasi dan blok geser menunjukkan bahwa kekuatan geser berdasarkan blok geser mungkin tidak mewakili kekuatan geser.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44095

Actions (login required)

View Item View Item