Evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 2 Jember / Tego Ari Sucipto - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 2 Jember / Tego Ari Sucipto

Sucipto, Tego Ari (2014) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 2 Jember / Tego Ari Sucipto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sucipto Tego Ari. 2014. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Karakter di SMK Negeri 2 Jember. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno ST. M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno M.Pd. 12288 12288 12288 12288 Kata Kunci pembelajaran karakter 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran berbasis karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati pikir raga serta rasa dan karsa. Pembelajaran berbasis karakter dapat dimaknai sebagai pembelajaran dengan menambah membentuk menanamkan memfasilitasi dan mengembangkan nilai-nilai positif dalam budi pekerti moral dan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesiapan sumber daya proses dan hasil pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 2 Jember. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jember Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan teknik sampel bertujuan (purposive sample). Adapun sampel siswa dan guru didasarkan pada pelaksanaan pembelajaran kelompok mata diklat produktif kelas X dan XI. Jumlah sampel siswa sebanyak 45 responden dan sampel guru sebanyak 9 responden. Pengambilan data menggunakan dokumentasi dan angket dengan skala likert. Analisis hasil penelitian ini adalah deskriptif. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data diperoleh (1) kesiapan sumber daya pembelajaran berbasis karakter mencakup kesiapan guru mengajar pendidikan karakter dinilai rata-rata sebesar 82 13% termasuk kategori baik sedangkan kesiapan siswa menerima pembelajaran dinilai rata-rata sebesar 73 82% termasuk kategori baik (2) proses pembelajaran berbasis karakter mencakup upaya guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter dinilai rata-rata sebesar 85 96% termasuk kategori sangat baik sedangkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran di nilai rata-rata sebesar 75 68% termasuk kategori baik (3) hasil pembelajaran berbasis karakter yaitu nilai-nilai karakter yang telah diperoleh siswa dinilai rata-rata sebesar 75 83% termasuk kategori baik Dengan demikian evaluasi pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter di SMK Negeri 2 Jember Bidang Keahlian Teknik Bangunan termasuk dalam kategori baik. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil evaluasi dalam penelitian ini disarankan (1) kepada guru dalam pembelajaran berbasis karakter diharapkan guru lebih meningkatkan penerapan nilai-nilai karakter dalam proses belajar mengajar memotivasi siswa serta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi (2) kepada pihak sekolah disarankan untuk lebih sering mengadakan pembinaan tentang pembelajaran berbasis karakter (3) Untuk peneliti lebih lanjut disarankan untuk mengambil sampel di semua bidang keahlian sehingga mendapatkan gambaran karakter seluruh siswa di SMK Negeri 2 Jember.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44083

Actions (login required)

View Item View Item