Aktivitas belajar siswa kinestetik di Sekolah Dasar pada mata pelajaran matematika selama masa pandemi covid-19 / Rian Djatmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Aktivitas belajar siswa kinestetik di Sekolah Dasar pada mata pelajaran matematika selama masa pandemi covid-19 / Rian Djatmoko

Djatmoko, Rian (2022) Aktivitas belajar siswa kinestetik di Sekolah Dasar pada mata pelajaran matematika selama masa pandemi covid-19 / Rian Djatmoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini merupakan siswa kinestetik yang mempunyai prestasi belajar matematika yang baik selama masa pandemi Covid-19. pembelajran selama masa pandemi Covid-19 dilakukan melalui dunia maya atau lebih dikenal sebagai pembelajaran daring. Bila melihat karakteristik siswa kinestetik yang tidak senang dengan duduk diam terlalu lama dan lebih cenderung ingin selalu bergerak. Maka akan terasa aneh hal tersebut dapat terjadi, dikarenakan pembelajaran daring menuntut siswa untuk betah duduk lama di depan laptop atau handphone dan fokus medengarkan penjelasan dari guru. Fokus penelitian ini yatiu, Bagaimana Aktivitas Belajar Siswa Kinestetik di Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19?? Peneltian ini berjenis peneltian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang dilakukan di SDN 4 Ngebruk Kabupaten Malang. Subjek pada penelitian ini berjumlah 1 orang yaitu siswa dengan gaya belajar kinestetik namun dia memiliki prestasi belajar yang baik selama masa pandemi. Instrumen pada penlitian ini adalah lembar observasi dan wawancara yang telah di validasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adek PAW dapat memiliki pretasi yang baik walaupun pembelajaran dilakukan secara daring hal tersebut dapat terjadi dikarenakan adek PAW masih dapat tetap menggunakan gaya/cara belajarnya yang terpantau dalam aktivitas belajar seperti memperhatikan materi pembelajaran yang berupa video (Visual activities), mendengarkan penjelasan dari guru (Listening activities), sedang mencatat materi (Writting activities), mengajukan pertanyaan (Mental activities), sedang bertanya kepada guru (Mental activities), walaupun tidak semua aktivitas belajar tidak dapat terakomodir selama pembelajaran daring namun adek PAW tetap memaksimalkan pada setiap aktivitas yang ada dia menerapkan gaya belajar kinestetik dimana pada setiap aktivitas tersebut teramati adek PAW melakukan gerakan-gerakan yang dapat memberikan dia rasa nyaman dan dapat membuat dia kebali berkonsentrasi kembali ke pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:14
Last Modified: 18 Mar 2024 06:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4407

Actions (login required)

View Item View Item