Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kinerja dan prestasi siswa pada mata diklat menggambar dengan perangkat lunak (autocad) siswa teknik konstruksi bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Muhamad Zainul Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kinerja dan prestasi siswa pada mata diklat menggambar dengan perangkat lunak (autocad) siswa teknik konstruksi bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Muhamad Zainul Setiawan

Setiawan, Muhamad Zainul (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan kinerja dan prestasi siswa pada mata diklat menggambar dengan perangkat lunak (autocad) siswa teknik konstruksi bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Muhamad Zainul Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiawan Muhamad Zainul. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamnet (TGT) untuk Meningkatkan Kinerja dan Prestasi Siswa pada Mata Diklat Menggambar dengan Perangkat Lunak (Autocad) Siswa Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata kunci Teams Games Tournament (TGT) Kinerja Siswa Prestasi siswa Jam pelajaran mata diklat produktif yang panjang di SMK seringkali menyebabkan kondisi yang kurang baik pada saat kegiatan belajar mengajar. Kondisi tersebut antara lain siswa sering mengalami kejenuhan saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Sehingga kondisi tersebut bisa menurunkan kinerja dan prestasi siswa. Untuk menanggulangi hal tersebut diperlukan metode pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan komunikatif. Salah satunya adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Dengan diterapkannya pembelajaran ini diharapkan kinerja dan prestasi siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (autocad) di SMK Negeri 1 Singosari (2) untuk mengetahui peningkatan kinerja siswa TKB SMK Negeri 1 Singosari pada pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (Autocad) setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (3) untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa TKB SMK Negeri 1 Singosari pada pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (Autocad) setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (autocad) siswa XI TKB SMK Negeri 1 Singosari dilakukan dengan 4 tahapan yaitu presentasi kelas belajar kelompok turnamen game evaluasi dan penghargaan kelompok. Penerapan model pembelajaran yang dilakukan sedikit perubahan dari penerapan pada umumnya yaitu peneliti menggabungkan tahap game dan turnamen menjadi satu. Selain itu peneliti juga menambahkan evaluasi sebelum dilakukannya pengharagaan kelompok. Kedua model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan kinerja siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya perhatian terhadap penjelasan guru komunikasi dengan teman dan guru dan penyelesaian tugas. Ketiga dengan diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) prestasi siswa XI TKB terus meningkat. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata siswa yang meningkat pada saat dilakukan pembelajaran TGT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44068

Actions (login required)

View Item View Item