Analisis sistem struktur atap lumbung pada rumah tradisional Lombok / Yusri Ahmad Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sistem struktur atap lumbung pada rumah tradisional Lombok / Yusri Ahmad Hidayat

Hidayat, Yusri Ahmad (2014) Analisis sistem struktur atap lumbung pada rumah tradisional Lombok / Yusri Ahmad Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayat Yusri Ahmad. 2013. Analisis Sistem Struktur Atap Lumbung Pada Rumah Tradisional Lombok. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Dian Ariestadi M.T. (II) Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata kunci Analisis Struktur Struktur Atap Lumbung Rumah Tradisional Lombok. Atap Lumbung adalah atap yang digunakan pada bangunan atau rumah tradisional Lombok struktur atap ini terbuat dari kayu dan bambu yang menunjukan bahwa masyarakat tradisional Lombok masih menggunakan bahan-bahan alami ditengah kehidupan modern dan mreka mampu mempertahankan eksistensi mereka dengan membuktikan bahwa rumah atau bangunan mereka masih bertahan sampai saat tulisan ini dibuat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui susunan konstruksi atap lumbung bentuk lengkung pada rumah tradisional Lombok (2) untuk mengetahui kekuatan konstruksi atap lumbung bentuk lengkung pada rumah tradisional Lombok. Subyek penelitian adalah rumah tradisional Lombok bentuk lengkung dengan penutup atap ilalang atau alang-alang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data-data yang diperoleh dianalisis dengan STAAD PRO untuk mengetahui besarn gaya atau momen yang terjadi. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) tipikal rumah tradisional Lombok bagian atas adalah atap klokop (buk-buk) waras songkar jait langgar sentik dan gelampar. (2) tipikal rumah tradisional Lombok struktur bawah terdiri dari Karang ulu jelepeng teken pelangkan elok kontek dan elok lasah. (3) rumah tradisional Lombok termasuk kategori kuat karena pada bagian elok kontek elok lasah dan teken sudah memenuhi persyaratan kontrol sesuai peraturan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) pada bagian-bagian tertentu rumah tradisional Lombok walaupun masih tergolong aman namun perlu ditinjau lagi ukuran dimensi yang digunakan pada bangunan tersebut yaitu dimensi waras songkar yang perlu diperbesar agar bangunan lebih kokoh dalam kondisi-kondisi yang lebih berat. (2) sistim sambungan pada bagian karang ulu perlu diperkuat lagi untuk meminimalisir gaya geser dari bangunan tersebut atau dengan merubah dimensi komponen-komponen bagian yang disambung tersebut. (3) diharapkan penelitian penelitian selanjutnya dapat diteliti lebih lanjut detail komponen bangunan tradisional Lombok misalnya sambungan karena pada bagian tersebut merupakan bagian terlemah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44065

Actions (login required)

View Item View Item