Uji beda hasil belajar penerapan metode Think Talk Write (TTW) dengan metode konvensional pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) kelas XI TKBBT di SMK Negeri 1 Blitar / Ninuk Suryaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji beda hasil belajar penerapan metode Think Talk Write (TTW) dengan metode konvensional pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) kelas XI TKBBT di SMK Negeri 1 Blitar / Ninuk Suryaningrum

Suryaningrum, Ninuk (2014) Uji beda hasil belajar penerapan metode Think Talk Write (TTW) dengan metode konvensional pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) kelas XI TKBBT di SMK Negeri 1 Blitar / Ninuk Suryaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suryaningrum Ninuk. 2013. Uji Beda Hasil Belajar Penerapan Metode Think Talk Write (TTW) dengan Metode Konvensional pada Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) Kelas XI TKBBT di SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Bambang Djamiko S.T. M.T. (II) Drs. N.Bambang Revantoro S.T. M. T. Kata Kunci Metode TTW Metode Konvensional Mata Pelajaran RAB. Beberapa penelitian terdahulu menjelaskan bahwa penerapan metode konvensional masing diterapkan di sekolah-sekolah begitu pula di SMK Negeri 1 Blitar masih menerapkan metode konvensional. Oleh karena itu diadakan penelitian tentang metode TTW yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran TTW adalah metode pembelajaran dimana siswa diberikan kesempatan untuk memulai belajar dengan memahami permasalahan terlebih dahulu kemudian terlibat secara aktif dalam diskusi kelompok dan akhirnya menulis dengan bahasa sendiri hasil belajar yang diperolehnya. (Hernacky Mike 1992 179) Metode penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi experiment). Rancangan eksperimen semu dilakukan untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan serta seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode TTW dengan metode konvensional. Rancangan eksperimen ini menggunakan pre-test dan post-test. Pre-test merupakan kemampuan awal siswa sebelum penelitian sedangkan post-test merupakan kemampuan akhir bagi siswa setelah menerima perlakuan. Teknik analisa data yang digunakan yaitu data berkorelasi (dua kelompok data diambil dari sumber yang sama) dengan menggunakan rumus uji-t (t-test). Dari hasil penelitian nilai rata-rata siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran TTW sebesar 92 5 sedangkan nilai rata-rata siswa setelah diberi perlakuan menggunakan metode konvensional sebesar 86 3. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan metode TTW memberikan pengaruh positif terhadap belajar siswa dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode TTW dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44061

Actions (login required)

View Item View Item