Utami, Sri Hawati (2013) Implementasi model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ilmu bangunan gedung di SMKN 1 Winongan Kabupaten Pasuruan / Sri Hawati Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Utami Sri Hawati. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung di SMKN 1 Winongan Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. (II) Drs. Mujiyono M.Pd. Kata kunci Learning Cycle Ilmu Bangunan Gedung Kualitas proses pembelajaran perlu diperhatikan karena akan berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa model pembelajaran yang cocok untuk sebuah mata pelajaran. Mengacu pada observasi yang telah peneliti lakukan pada SMKN 1 Winongan guru masih menggunakan metode ceramah saja. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif dan mudah bosan. Oleh karena itu perlu diimplementasikan model-model pembelajaran inovatif. Salah satu model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran Learning Cycle. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi model Learning Cycle mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar yang terjadi pada mata pelajaran ilmu bangunan gedung dengan model pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data penelitian yang diambil ada 3 meliputi (1) proses pembelajaran guru dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle data diperoleh dengan teknik observasi (2) aktivitas siswa data diperoleh menggunakan teknik observasi dan (3) hasil belajar data yang diperoleh dari tes. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran ilmu bangunan gedung dapat dilakukan dengan baik dengan tahapan yang telah sesuai dengan teori. (2) Pada hasil observasi untuk guru siklus II meningkat 17 86% terhadap siklus I. sedangkan siklus III meningkat 7 14% terhadap siklus II dengan prosentase hasil siklus III sebesar 89 28%. Hasil observasi untuk siswa siklus II meningkat 28 57% terhadap siklus I sedangkan siklus III meningkat 8 33% terhadap siklus II dengan prosentase hasil siklus III sebesar 72 61% dan (3) implementasi Learning Cycle pada mata pelajaran ilmu bangunan gedung meningkatkan hasil belajar klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat 12 13% sedangkan siklus II ke siklus III 17 33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat diterapkan pada mata pelajaran ilmu bangunan gedung serta dapat meningkatkan ketuntasan belajar dan keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44053 |
Actions (login required)
View Item |