PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF SMADING (SMART READING) BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SEKOLAH DASAR - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF SMADING (SMART READING) BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Yati, May (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF SMADING (SMART READING) BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran berbasis game digital yang menggunakan komputer atau aplikasi perangkat sentuh menjadi semakin penting, karena mereka telah ditemukan efektif dalam mendorong keterampilan akademik), sejalan dengan pendapat Jenny, M. Thomson, dkk (2020) Berbagai aplikasi telah difokuskan untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan membaca mereka. Hasil observasi pada kegiatan belajar khususnya pada kegiatan belajar membaca masih terdapat siswa yang belum bisa membaca karena besar dalam proses pembelajaran pendidik hanya menggunakan fasilitas yang tersedia di sekolah yaitu buku ajar, kartu kata, serta papan tulis untuk mengajarkan pembelajaran membaca kepada siswa, hal demikian membuat siswa kurang bersemangat dan termotivasi dalam belajar membaca, sehingga masih terdapat beberapa siswa kelas 1 yang belum bisa membaca. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah produk media interaktif yang layak atau valid, menarik, praktis, dan efektif untuk digunakan pada kegiatan belajar membaca permulaan untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Harapannya produk yang dikembangkan ini bisa membantu siswa belajar membaca. Pengembangan media interaktif menggunakan model Pengembangan Lee & Owen, Ada beberapa tahap dalam model penelitian pengembangan lee & owens menurut (Lee & Owens, 2004) ada beberapa tahapan yang harus dilalui pada setiap fase proses megembangkan yaitu : analisis (Analyze), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Produk yang dikembangkan diuji kelayakannya atau kevalidannya diperoleh dari hasil validasi oleh ahli media, materi, serta Bahasa. Data yang telah didapatkan adalah data kuantitatif dan kualitatif dari angket serta komentar dan saran dari validator. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan Teknik analisis rata-rata. Hasil dari pengembangan produk masuk pada kriteria layak atau valid dan dapat dipergunakan untuk belajar membaca permulaan. Dari hasil validasi media interaktif yang dilakukan diperoleh nilai kevalidan 81,66% kategori “sangat valid”, kepraktisan 93,33% kategori “sangat praktis”, kemenarikan 86,57 5 dengan kategori “sangat menarik”, serta keefektifan 77,11 % dengan kategori “cukup efektif”. Produk media interaktif dikembangkan berdasarkan kebutuhan siswa kelas 1 SD. Media interaktif yang dikembangkan ini dapat digunakan di sekolah lain yang membutuhkan sebagai alternatif sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:24
Last Modified: 25 Sep 2023 04:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4404

Actions (login required)

View Item View Item