Hermawati, Kharisma (2013) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan prestasi belajar dalam mata pelajaran Rencana Anggran Biaya kelas XI TKB SMK Negeri 1 Singosari / Kharisma Hermawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hermawati Kharisma. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya Kelas XI TKB SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mujiyono M.Pd. (II) Drs. I Wayan Jirna M.T. Kata kunci Think Pair Share Prestasi Belajar Rencana Anggaran Biaya 12288 12288 12288 12288 Model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural yang menekankan pada aktifitas diskusi siswa. Penerapan model TPS diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKB SMK Negeri 1 Singosari pada mata rencana anggaran biaya. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar dan (3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi peneliti. 12288 12288 12288 12288 Subyek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Singosari kelas XI TKB yang menempuh mata pelajaran rencana anggaran biaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi observasi dan tes/tugas. Setelah itu data-data yang diperoleh dianalisis untuk menjawab semua permasalahan yang ada. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) Model TPS dapat meningkatkan proses pembelajaran pada mata pelajaran rencana anggaran biaya. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatkanya prosentase aktivitas guru dan aktivitas siswa dari sebelum tindakan hingga siklus ke III. (2) Adanya peningkatan hasil nilai post test yang diadakan tiap akhir pertemuan dan (3) Pembelajaran model TPS tidak sesuai dengan pekerjaan yang bersifat kelompok besar sehingga guru harus lebih teliti dan memperhatikan materi yang akan diberikan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi yang dapat meningkatkan kreativitas (2) Siswa hendaknya harus aktif dalam setiap tahap pembelajaran agar setiap apa yang siswa pelajari menjadi lebih bermakna dan (3) Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menghubungkan dan mengembangkan model pembelajaran TPS ini dengan model pembelajaran lainnya sehingga proses belajar mengajar akan semakin baik. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44038 |
Actions (login required)
View Item |