Sholicha, Desi Irani (2013) Penerapan Numbered Head Together pada mata pelajaran menghitung konstruksi sederhana pada kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton di SMK Negeri 1 Singosari / Desi Irani Sholicha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sholicha Desi Irani. 2013. Penerapan Numbered Head Together pada Mata Pelajaran Menghitung Konstruksi Sederhana pada Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mujiyono M.Pd. (II) Ir. Nugroho Suryoputro M.T. Kata kunci Numbered Head Together menghitung konstruksi sederhana Proses belajar mengajar penting sekali direncanakan sematang mungkin guna menciptakan komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Dalam observasi yang telah dilakukan penerapan metode ceramah dengan media papan tulis menyebabkan terjadinya kesalahan pemahaman konsep pembahasan materi terlalu cepat atau terlalu lambat bagi siswa dan terjadi kejenuhan dalam pelaksanaan pembelajaran serta siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan Numbered Head Together pada mata pelajaran menghitung konstruksi sederhana pada kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton (2) mendeskripsikan keaktifan siswa dalam penerapan Numbered Head Together pada mata pelajaran menghitung konstruksi sederhana pada kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton dan (3) mendeskripsikan prestasi belajar (ketuntasan belajar klasikal) dalam penerapan Numbered Head Together pada mata pelajaran menghitung konstruksi sederhana pada kompetensi keahlian teknik konstruksi batu dan beton. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang juga merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa nilai tes akhir siklus hasil pengamatan aktifitas guru dan hasil pengamatan keaktifan siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi observasi tes akhir siklus dan catatan lapangan. Data aktifitas siswa dan hasil belajar dianalisis dengan cara analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini meliputi (1) numbered head together pada mata pelajaran menghitung konstruksi sederhana dapat dilakukan sesuai dengan tahap-tahap numbered head together yang meliputi tahap penomoran pengajuan pertanyaan berfikir bersama dan pemberian jawaban (2) prosentase keaktifan siswa pada akhir siklus III yang mencapai 79 67% dan (3) dengan menerapkan numbered head together pada mata pelajaran menghitung konstruksi sederhana keaktifan siswa di kelas mencapai 81 94% serta prestasi belajar yang dicapai oleh siswa mencapai 88%. Maka metode Numbered Head Together dapat diterapkan pada kompetensi menghitung konstruksi sederhana. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Numbered Head Together dapat diterapkan dalam mata pelajaran menghitung konstruksi sederhana serta dapat meningkatkan ketuntasan belajar dan keaktifan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru (1) guru dapat menerapkan numbered head together sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI TKB 2 (2) siswa hendaknya banyak berlatih dan membiasakan diri untuk mengeluarkan ide dan gagasannya siswa harus aktif dalam setiap tahapan pembelajaran dan (3) sebaiknya dalam penelitian mengenai Numbered Head Together dapat diteliti juga faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44037 |
Actions (login required)
View Item |