Penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar gambar kusen/daun pintu dan jendela kelas X TGN 1 SMK 1 Blitar / Ardian Bayu Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar gambar kusen/daun pintu dan jendela kelas X TGN 1 SMK 1 Blitar / Ardian Bayu Pradana

Pradana, Ardian Bayu (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model Think-Pair-Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar gambar kusen/daun pintu dan jendela kelas X TGN 1 SMK 1 Blitar / Ardian Bayu Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pradana Ardian Bayu. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Gambar Kusen/Daun Pintu Dan Jendela Kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mujiyono M.Pd. (2) Drs. H. Bambang Widarta M.T. Kata kunci Pembelajaran kooperatif think-pair-share hasil belajar kompetensi dasar gambar kusen/daun pintu dan jendela Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah adalah dengan cara perbaikan proses belajar-mengajar atau pembelajaran. Jika model pembelajaran yang digunakan guru menyenangkan siswa maka siswa akan tekun rajin dan antusias menerima pelajaran yang diberikan. Model pembelajaran think-pair-share merupakan model pembelajaran yang menumbuhkan jiwa gotong royong dan produktifitas secara bersamaan serta mengacu pada berbagai pendekatan pembelajaran yang diasumsikan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran think-pair-share pada kompetensi dasar gambar kusen/daun pintu dan jendela kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Blitar dan (2) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran think-pair-share pada kompetensi dasar gambar kusen/daun pintu dan jendela. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan observasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis reflektif. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran model think-pair-share pada kompetensi dasar gambar kusen/daun pintu dan jendela kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Blitar memberikan hasil sebagai berikut (a) Siswa paham tentang konsep dasar gambar kusen/daun pintu dan jendela (b) Siswa dapat menggambar dengan teliti meliputi kelengkapan notasi kebersihan gambar dan ketepatan waktu pengumpulan gambar (c) Siswa mengalami peningkatan bersosialisasi dalam hal bekerjasama dalam kelompok toleransi dan bertanggung jawab terhadap kelompoknya masing-masing (d) Siswa mengalami peningkatan rasa percaya diri dalam hal berargumentasi bertanya dan tampil di depan kelas (d) Siswa lebih optimal dalam memanfaatkan waktu pembelajaran dan (2) Dengan menerapkan model pembelajaran think-pair-share hasil belajar yang dicapai oleh siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) Guru dapat menggunakan model pembelajaran think-pair-share sebagai alternatif dalam proses belajar mengajar dan (2) Disarankan agar lebih mengoptimalkan model pembelajaran think-pair-share guna mendapatkan hasil yang lebih baik dari penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44036

Actions (login required)

View Item View Item