Siswandani, Yurina Eka (2013) Penerapan metode pembelajaran pelatihan industri (training within industry) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata diklat gambar jurusan teknik bangunan di SMK Negeri 1 Singosari / Yurina Eka Siswandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Siswandani Yurina Eka. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industry) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Diklat Gambar Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd dan (II) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. Kata Kunci Pelatihan Industri (Training Within Industry) Motivasi belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas IX TKBB II diperoleh bahwa dalamproses pembelajaran metode yang digunakan adalah metode ceramah yang kurang memberikan peluang pada siswa untuk aktif sehingga tidak termotivasi dalam pelajaran berlangsung dan langsung diberi tugas. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memenuhi SKM yang telah ditetapkan.Dalam mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industry). Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan proses penerapan pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industry) (2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa di kelas TKBB II dan (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar di kelas TKBB II. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi angket wawancaradan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kelima tahapan dari metode Pelatihan Industri menunjukkan bahwa proses pembelajaran siswa menggambar daun pintu meningkat tiap siklusnya. Hal ini dibuktikan dengan siswa dapat menggambar dengan presisi lengkap dengan notasi bersih dan tepat waktu (2) dengan penerapan pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industry) motivasi belajar siswa dapat meningkat hal ini ditunjukkan pada peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 9 78% sedangkan peningkatan pada siklus II ke siklus III sebesar 7 8% (3) dengan penerapan pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industry) hasil belajar siswa dapat meningkat hal ini ditunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 17 86% dan pada siklus II ke siklus III mengalami peningkatan 7 14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1)penerapan pembelajaran Pelatihan Industri (Training Within Industry) dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa pada menggambar daun pintu dan jendela (2) penerapan metode pembelajaran Pelatihan Industri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus III (3)penerapan metode pembelajaran Pelatihan Industri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44032 |
Actions (login required)
View Item |