Pengaruh mutu kolom beton terhadap kuat geser sambungan balok kolom beton bertulang bambu / Suryadi Pardhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh mutu kolom beton terhadap kuat geser sambungan balok kolom beton bertulang bambu / Suryadi Pardhana

Pardhana, Suryadi (2013) Pengaruh mutu kolom beton terhadap kuat geser sambungan balok kolom beton bertulang bambu / Suryadi Pardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pardhana Suryadi. 2013. Pengaruh Mutu Beton Terhadap Kuat Geser Sambungan Balok Kolom Beton Bertulangan Bambu. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prijono Bagus Susanto S.T. M.T. (II) Mohammad Sulton S.T. M.T. Kata kunci Mutu beton Mix Design Kuat Geser Sambungan Balok Kolom Beton Bertulang Bambu. Perkembangan industri konstruksi yang begitu pesat mengharuskan para pelaku konstruksi bahkan akademisi terkait untuk melakukan inovasi-inovasi yang dapat melahirkan perkembangan positif di dunia industri konstruksi. Salah satu inovasi yang muncul dan dikembangkan oleh beberapa peneliti adalah alternatif material pengganti baja sebagai bahan dasar beton bertulang. Penelitian-penelitian semacam ini dilakukan untuk menemukan alternatif yang tepat guna mengurangi beban biaya produksi beton bertulang (baja) Salah satu alternatif material pengganti baja sebagai bahan dasar beton bertulang adalah bambu. Penelitian ini juga menggunakan alternatif yang sama dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Namun fokus dan tujuan penelitian dikhususkan pada pengujian hipotesis ada pengaruh positif mutu beton terhadap kuat geser sambungan balok kolom bertulangan bambu . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pengujian hipotesis menggunakan program excel menggunakan metode uji kesamaan dua rata-rata uji pihak kanan. Adapun benda uji yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 benda uji yang terdiri atas dua kategori mix design yakni fc 25 MPa (4 benda uji) dan fc 35 MPa (4 benda uji). Setelah dilakukan pengujian terhadap 8 benda uji dengan dua kategori yang berbeda dihasilkan kuat geser yang diinginkan. Oleh karena itu data yang diambil dan diuji pengaruhnya adalah hasil penghitungan kuat geser pada masing-masing kategori mix design benda uji. Data tersebut meliputi mutu beton fc 25 MPa dan fc 35 MPa. Selanjutnya dilakukan penghitungan dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata uji pihak kanan. Setelah dilakukan uji kesamaan dua rata-rata uji pihak kanan terhadap data kuat geser fc 25 MPa dan fc 35 MPa diketahui bahwa ternyata ada pengaruh positif mutu beton terhadap kuat geser sambungan balok kolom bertulang bambu yakni kuat geser fc 35 MPa fc 25 MPa. Jadi hipotesis penelitian yang menyatakan ada pengaruh positif mutu beton terhadap kuat geser sambungan balok kolom beton bertulang bambu dapat diterima/gagal ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44031

Actions (login required)

View Item View Item