Evaluasi penerapan metode resitasi pada mata diklat keahlian gambar bangunan di SMK Nasional Malang / Untung Agus Triyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi penerapan metode resitasi pada mata diklat keahlian gambar bangunan di SMK Nasional Malang / Untung Agus Triyono

Triyono, Untung Agus (2013) Evaluasi penerapan metode resitasi pada mata diklat keahlian gambar bangunan di SMK Nasional Malang / Untung Agus Triyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Triyono Untung Agus. 2013. Evaluasi Penerapan Metode Resitasi Pada Mata Diklat Keahlian Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Eko Suwarno M. Pd (2) Drs. Priyono M. Pd Kata Kunci Evaluasi Metode Resitasi Mata Diklat Keahlian Gambar Bangunan. 12288 12288 12288 12288 Metode resitasi adalah metode belajar mengajar yang berupa pemberian tugas kepada siswa yang tidak sekedar dilaksanakan di rumah melainkan dapat dikerjakan di Perpustakaan Laboraturium dan hasilnya harus bisa dipertanggung jawabkan kepada guru. Pada metode resitasi terdapat tiga fase yang harus dilaksanakan secara berurutan oleh guru. Fase tersebut adalah sebagai berikut (1) Fase Pemberian Tugas (2) Fase Pelaksanaan Tugas (3) Fase Mempertanggung jawabkan Tugas. Metode ini sangat cocok diterapkan pada Mata Diklat Teknik Bangunan karena Mata Diklat Teknik Bangunan banyak melaksanakan praktek daripada teori sehingga dengan penerapan metode resitasi dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa. Di SMK Nasional Malang yang di didalamnya terdapat Jurusan Gambar Bangunan guru sudah menerapkan metode resitasi di kelas sehingga peneliti hanya perlu melakukan evaluasi terhadap penerapan metode resitasi yang dilakukan guru. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode resitasi yang dilakukan guru di SMK Nasional Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Kompetensi Mata Diklat Gambar Bangunan SMK Nasional Malang. Sampel penelitian adalah semua siswa kelas X Kompetensi Mata Diklat Gambar Bangunan yang terdiri dari 32 siswa. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data didapatkan hasil penelitian penerapan metode resitasi dengan menggunakan angket secara umum adalah cukup baik dengan prosentase 53% dilihat dari rata-rata prosentase fase-fase dalam metode resitasi (fase pemberian tugas fase pelaksanaan tugas dan fase mempertanggung jawabkan tugas). Adapun saran-saran berdasarkan hasil penelitian adalah (1) Bagi Siswa siswa diharapkan dapat terbiasa mengisi waktu luangnya dengan mengerjakan tugas yang diberikan guru karena dengan penerapan metode pembelajaran ini akan merangsang siswa untuk melakukan latihan-latihan atau mengulangi materi pelajaran yang baru didapat di sekolah atau sekaligus mencoba ilmu pengetahuan yang telah dimilikinya. Selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa juga dapat menjadi tolok ukur keberhasilan penerapan metode resitasi. (2) Bagi Guru Ke- terlaksanaan penerapan metode resitasi masih belum berhasil sepenuhnya. Untuk dapat memperbaiki penerapan metode resitasi yang dilakukan guru di sekolah guru diharapkan dapat menambah latihan atau pemberian tugas kepada siswa baik tugas individu maupun kelompok yang tidak harus dikerjakan di kelas tetapi juga di rumah perpustakaan maupun di laboraturium. Selain itu tugas yang diberikan guru harus jelas tempat dan lama waktu penyelesaian tugas harus jelas tugas yang diberikan terlebih dahulu dijelaskan atau diberikan petunjuk yang jelas agar siswa yang belum mampu memahami atau mengerti tentang tugas yang di- berikan berupaya untuk menyelesaikannya guru harus memberikan bimbingan atau pengawasan utamanya kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar atau salah arah dalam mengerjakan tugas dan memberi dorongan terutama bagi siswa yang lambat atau kurang bergairah mengerjakan tugas. (3) Peneliti lain diharap- kan dapat mengevalusi model pembelajaran lain yang diterapkan di mata diklat Keahlian Gambar Bangunan atau dapat mengkolaborasikan metode pembelajaran resitasi dengan metode pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44030

Actions (login required)

View Item View Item