Penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) untuk mata pelajaran pelat beton bertulang pada kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Fitri Aprilia

Aprilia, Fitri (2013) Penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) untuk mata pelajaran pelat beton bertulang pada kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Fitri Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran IOC, mata pelajaran pelat beton bertulang Kegiatan belajar mengajar harus direncanakan sematang mungkin, karena itu dapat mempengaruhi komunikasi anatara guru dan siswa. Kegiatan ini meliputi berbagai metode dan media yang digunakan, namun yang terjadi dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pelat beton bertulang diantaranya adalah kurangnya keaktifan siswa dan metode pembelajaran ceramah yang masih digunakan sehingga nilai siswa masih banyak yang belum tuntas atau nilainya masih dibawah KKM (Kriteria Kelulusan Minimal). Salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi siswa adalah dengan cara memperbaiki proses pembelajaran dengan mengubah metode atau media pembelajaran. Inside Outside Circle (IOC) yang merupakan salah struktur dari model pembelajaran kooperatif. Teknik mengajar lingkaran kecil dan lingkaran besar (Inside Outside Circle) yang dikembangkan oleh Spencer Kagan untuk memberikan kesempatan pada siswa agar saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) yang efektif pada mata pelajaran Pelat Beton Bertulang pada Kompetensi Keahlihan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang, (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas X Gambar bangunan setelah penerapan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) pada mata pelajaran Pelat Beton Bertulang, dan (3) untuk mengetahui persepsi siswa mengenai model pembelajaran IOC. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: dokumentasi, observasi, tes/tugas, dan catatan lapangan. Setelah itu data-data yang diperoleh dianalisis untuk menjawab semua permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) dapat dilakukan dengan prosedur antara lain pembentukan kelompok asal, pembagian materi, diskusi dikelompok asal/kecil, membentuk kelompok besar, melakukan diskusi di kelompok besar/berpasangan, dan melakukan evaluasi. Dan mendapatkan hasil keterlaksanaan pada siklus I 78,4% dan pada siklus II 92,78% dan mengalami peningkatan sebesar 14,38% (2) dengan menerapkan pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) pada mata pelajaran pelat beton bertulang, aktivitas belajar siswa di kelas yaitu kemampuan berdiskusi mengalami peningkatan dari 74% menjadi 86,76% dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 73,72 menjadi 86. Dengan jumlah siswa yang tuntas dari 20 menjadi 33 siswa, dan (3) para siswa sangat tertarik dengan persentase ketertarikan 88,31%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk memakai metode pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan prestasi dan keaktifan dalam berdiskusi siswa. Selain itu dibutuhkan ruang kelas yang luas untuk mempermudah ruang gerak saat melakukan diskusi dan pegaturan waktu yang tepat agar diskusi berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44025

Actions (login required)

View Item View Item