Wardhana, Frendi Kusuma (2013) Hubungan persepsi tentang pelayanan dan motivasi belajar mahasiswa di Laboratorium Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang / Frendi Kusuma Wardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci persepsi pelayanan laboratorium motivasi belajar Laboratorium memiliki peran penting untuk mendukung proses pembelajaran pada Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Karena itu dibutuhkan pelayanan yang prima untuk menunjang proses pembelajaran secara maksimal. Namun yang dirasakan saat ini oleh mahasiswa masih banyak hal yang dinilai kurang maksimal dalam hal pelayanan. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa tentang pelayanan laboratorium Jurusan Teknik Sipil saat ini. Dan juga ingin melihat apakah pelayanan saat ini berpengaruh dengan motivasi belajar mahasiswa atau tidak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dua variabel dan bagaimana hubungan dari variabel tersebut. Variabel yang pertama adalah bagaimana persepsi mahasiswa tentang pelayanan laboratorium pada Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang dan variabel kedua adalah bagaimana motivasi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang selama proses pembelajaran matakuliah praktikum. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk memaparkan hasil kuesioner dari kedua variabel tersebut uji beda untuk melihat perbedaan motivasi mahasiswa laki-laki dan perempuan dan menggunakan analisis korelasi sebagai pengolahan data hubungan antara kedua variabel tersebut. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) Persepsi mahasiswa tentang pelayanan laboratorium menunjukan bahwa 10 81% mahasiswa memiliki persepsi kurang 75 68% memiliki persepsi cukup dan 13 51% memiliki persepsi baik. (2) Motivasi belajar mahasiswa selama proses pembelajaran di laboratorium menunjukan bahwa 9 46% mahasiswa memiliki motivasi belajar rendah 75 68% memiliki motivasi belajar sedang dan 14 86% memiliki motivasi belajar tinggi. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan dalam proses pembelajaran pada laboratorium Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. (4) Terdapat hubungan yang positif antara persepsi tentang pelayanan laboratorium dengan motivasi belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran pada laboratorium Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44024 |
Actions (login required)
View Item |