Pengembangan modul pembelajaran berbasis multimedia pada matadiklat statika di SMK / Auzan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis multimedia pada matadiklat statika di SMK / Auzan

Auzan (2013) Pengembangan modul pembelajaran berbasis multimedia pada matadiklat statika di SMK / Auzan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Modul Multimedia Statika Modul adalah penggalan/bagian yang berurutan dari bahan ajar yang disusun berdasarkan kurikulum tertentu yang dikemas dalam bentuk satuan pembelajaran dariserangkaian konsep untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan serta disusun sebagai upaya untuk siswa belajar mandiri. Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara musik) animasi video teks grafik dan gambar. Tujuan dari pengemban gan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran Statika yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian hasil efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran oleh siswa secara langsung. Pengembangan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Singosari Malang. Pengambilan data yang digunakan meliputi instrumen angket untuk ahli media ahli materi dan 51 siswa untuk subyek penelitian. Sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilalui guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut sebagai berikut (1) bedah kurikulum (2) perumusan tujuan (3) potensi dan masalah (4) pengumpulan informasi (5) desain produk (6) validasi desain (7) revisi desain (8) uji coba produk (9) revisi akhir. Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia tersebut divalidasikan dengan menggunakan uji perseorangan yang ditujukan pada ahli media ahli materi dan 51 siswa. Modul multimedia ini memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 82% hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 93% hasil uji pemakai mencapai tingkat kevalidan 81%. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis multimedia pada matadiklat Statika dalam program keahlianTeknik Konstruksi BatuBeton SMK Negeri 1 Singosari Malang valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran yang diajukan hendaknya produk multimedia yang dihasilkan ini dapat ditindaklanjuti dalam kegiatan proses belajar mengajar matadiklat Statika dan dapat diperbanyak untuk mempermudah orang lain dalam penguasaan suatu materi. Modul multimedia ini kemudia dapat dijadikan media pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44021

Actions (login required)

View Item View Item