Syahbana, Rusman Badrus (2013) Pengembangan modul pembelajaran matadiklat keselamatan dan kesehatan kerja pada siswa SMKN 1 Singosari / Rusman Badrus Syahbana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci ModulPembelajaran KeselamatandanKesehatankerja. KeselamatandanKesehatankerjamerupakansalahsatumatadiklatproduktif di SMK Teknikbangunan. DalamPembelajaranKeselamatandanKesehatanKerjamasihsangatsulitdidapatkanmodulpembelajaran yang sesuaiuntukmenunjangkegiatanbelajarmengajar di SMKN 1 SingosarijurusanTeknikbangunan. DalamkenyataannyatidakjarangparasiswamengggunakanbukuataupanduanpembelajarantentangKeselamatandanKesehatankerja yang bukanuntukJurusanTeknikBangunan sehinggabisamenimbulkankesalahanpersepsiataupenerapan di lapanganmengenaikeselamatandankesehatankerja.OlehkarenaituperludikembangkanmodulKeselamatandanKesehatanKerja. Penelitianpengembanganinidilakukandengantujuanuntuk (1)menciptakanmodulpembelajaranMatadiklatKeselamatandanKesehatanKerjakhususuntuksiswa SMKN 1 SingosariJurusanTeknikBangunan (2)mengujikelayakannyauntukdigunakansebagaibahan ajar matadiklatKeselamatandanKesehatankerja.Produkpembelajaran yang akandihasilkanpadapenelitianpengembanganiniberbasismodul (bahan ajar cetak). Modulinidilengkapidenganmateridanlatihansoalsertapetunjukpemakaianuntuk guru dansiswaapabilasiswainginmenggunakanmoduliniuntukbelajarmandiri. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpengembangan.Padametodetersebutterdapat 10 tahapyaitu (1) Potensidanmasalah (2) Pengumpulan data (3) DesainProduk (4) Validasidesain (5) RevisiDesain (6) Ujicobaproduk (7) RevisiProduk (8) Ujicobapemakaian (9) Revisiproduk (10) Produkmassal . Dalampelaksanaanpenelitiandilapanganhanyadilakukan 7 tahapsajadikarenakanketerbatasanwaktudanbiayasertamenyesuaikankondisi di lapangan. Ujicobaprodukinidilakukanuntukmengetahui valid atautidaknyamodulpembelajaran yang diciptakansertamengetahuiresponsiswaselakupenggunamodulini. Teknikpengumpulan data nyadilakukandenganmemberikanangket/instrument penilaiankepada gurusebagaiahlimateri dosensebagaiahli media dansiswasebagaipemakai. Analisis data penelitiannyayaitudariketigasumbertersebutnantinyaakandihitungpersentasenyadandisesuaikandenganacuantingkatkevalidan media yang digunakan. Berdasarkanpenelitianpengembangan yang dilakukan diperolehkesimpulanbahwamodulpembelajaran yang diciptakandinyatakan valid danlayakdigunakanuntukpanduanpembelajaranmatadiklatKeselamatandankesehatankerjapadasiswaSMKN 1 SingosarijurusanteknikBangunan.Berdasarkanhasiltersebutdisarankankepadapihaksekolahuntukmenggandakan/memperbanyakmodultersebutgunamempermudahsiswauntukmempelajariKeselamatandankesehatankerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44020 |
Actions (login required)
View Item |