Penerapan model pembelajaran kooperatif tipa STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TKB1 pada mata pelajaran konstruksi kayu di SMKN 1 Singosari / Wahyu Nur Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipa STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TKB1 pada mata pelajaran konstruksi kayu di SMKN 1 Singosari / Wahyu Nur Pradana

Pradana, Wahyu Nur (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipa STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TKB1 pada mata pelajaran konstruksi kayu di SMKN 1 Singosari / Wahyu Nur Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran berbasis STAD Mata Pelajaran Konstruksi Kayu Berdasarkan observasi yang dilakukan pada bulan desember 2012 di kelas XII TKB1 pada mata pelajaran konstruksi kayu di SMKN 1 Singosari diketahui bahwa hampir separuh siswa dalam kelas mendapat nilai dibawah KKM yaitu 75 hal ini disebabkan kegiatan belajar mengajar masih didominasi oleh guru sedang siswa hanya duduk mendengar dan mencatat sehingga siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran Untuk memperbaiki kondisi tersebut peneliti mencoba menerapkan pembelajaran STAD. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas XII TKB1 SMKN 1 Singosari dan (2) Untuk mengetahui apakah penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TKB1 SMKN 1 Singosari. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Konstruksi Bangunan 1 semester genap tahun ajaran 2012-2013 SMK Negeri 1 Singosari yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi observasi tes/tugas dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran STAD pada siklus I sebesar 80 09% dan pada siklus II sebesar 93 98% terdapat peningkatan rata-rata keaktifan siswa yang terlihat pada hasil kelompok siklus I yaitu 78 13 dan rata-rata pada siklus II yaitu 85 46 dan (2) hasil belajar rata-rata siswa pada siklus I adalah 76 59 sedangkan hasil belajar rata-rata siswa pada siklus II adalah 82 61 terjadi peningkatan hasil belajar rata-rata siswa sebesar 6 02. Peneliti menyarankan pada guru mata pelajaran untuk dapat menerapkan model pembelajaran STAD sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Teknik Konstruksi Bangunan 1 SMK Negeri 1 Singosari. Bagi siswa hendaknya banyak berlatih dan membiasakan diri untuk mengeluarkan ide dan gagasannya siswa harus aktif dalam setiap tahapan pembelajaran dan untuk peneliti berikutnyasebaiknya dalam penelitian selanjutnya dengan penerapan metode pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44015

Actions (login required)

View Item View Item