Rachman, Ichsan Nurudin (2013) Persepsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa SMP Negeri di Kota Malang terhadap SMK Bidang KLeahlian Teknik Bangunan / Ichsan Nurudin Rachman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci persepsi minat SMK teknik bangunan Siswa SMP dihadapkan pada dua pilihan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu SMA (Sekolah Menengah Atas) dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Mereka yang ingin segera memperoleh ketrampilan akan memilih masuk SMK. Bidang keahlian favorit seperti informatika otomotif dan beberapa bidang lain akan menjadi tujuan mereka. Namun tidak begitu dengan bidang keahlian teknik bangunan. Hal ini mungkin disebabkan banyak siswa yang memiliki persepsi bahwa lulusannya akan menjadi kuli atau tukang sehingga minat mereka menjadi turun. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa SMPN terhadap SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan (2) faktor yang mempengaruhi minat siswa SMPN terhadap SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Hasil penelitian ini memberikan informasi bagaimana persepsi dan faktor yang mempengaruhi minat siswa SMPN terhadap Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan variabel bebas persepsi siswa SMPN mengenai SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan dan variabel terikat faktor yang mempengaruhi minat siswa SMPN untuk masuk SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 9 angkatan 2012-2013. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling dan cluster sampling dengan jumlah sampel 378 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) sedangkan teknik pengolahan data menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa mengenai SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan kurang baik dengan persentase sebesar 51 59% (2) faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa mengenai SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan kurang baik dengan persentase sebesar 55 56%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44011 |
Actions (login required)
View Item |