Implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Probolinggo / Rika P.S. - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Probolinggo / Rika P.S.

Rika P.S. (2013) Implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Probolinggo / Rika P.S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2008 kegiatan pembelajaran Dalam upaya memperoleh hasil pendidikan yang bermutu sekolah sebagai penyelenggara pendidikan dituntut melakukan pengelolaan pendidikan yang bermutu pula. Mutu yang baik hanya bisa dihasilkan oleh sekolah yang memiliki sistem manajemen mutu yang handal. ISO 9001 2008 adalah sistem yang dibangun dari kebijakan yang terdokumentasi dan konsistensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001 2008 pada kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Probolinggo yang meliputi (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) evaluasi pembelajaan (4) ketercapaian sistem manajemen mutu ISO 9001 2008. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Untuk sampel siswa diambil 25% dari jumlah keseluruhan siswa karena jumlah populasi melebihi 100 orang. Sedangkan guru diambil keseluruhan karena jumlah populasi kurang dari seratus orang. Didapatkan jumlah sampel 38 orang 6 guru dan 32 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disajikan sebagai berikut (1) implementasi SMM ISO 9001 2008 pada perencanaan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase 100% (2) implementasi SMM ISO 9001 2008 pada pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik dengan presentase sebesar 80 87% (3) implementasi SMM ISO 9001 2008 pada evaluasi pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase sebesar 82 41% dan (4) ketercapaian ISO 9001 2008 pada kegiatan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan presentase 84 76%. Adapun saran-saran berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah (1) Pada perencanaan pembelajaran evaluasi pembelajaran dan ketercapaian implementasi ISO 9001 2008 pada kegiatan pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik hal ini perlu dipertahankan agar selalu memperoleh hasil yang maksimal dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran pihak sekolah memperoleh kriteria baik dalam hal ini sebaiknya pihak sekolah meningkatkan fasilitas penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran seperti penggunaan buku-buku dalam perpustakaan untuk membantu memahami pelajaran penggunaan media audio visual audio visual karena dapat meningkatkan motivasi dan rangsangan belajar (2) Bagi peneliti lain pada penelitian ini jangkauan terbatas hanya pada Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2008 pada kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 2 Probolinggo oleh karena itu perlu memperluas wilayah peneliti. Selain itu juga memperbanyak sampel indikator penelitian serta melengkapi penelitian dengan observasi dan wawancara sehingga mendapatkan hasil yang lebih baik dan data-data yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44007

Actions (login required)

View Item View Item