Suherdiyanto, Tomy (2013) Pengaruh persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) tentang profesi guru terhadap motivasi untuk menjadi guru (studi pada mahasiswa UM angkatan 2007-2009) / Tomy Suherdiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci persepsi profesi guru motivasi Banyak mahasiswa lulusan PTB FT UM yang tidak menjadi guru namun berprofesi dibidang lain misalnya tenaga ahli pada konstruksi bangunan kontraktor pengembang drafter dan lain sebagainya. Hal ini mungkin disebabkan persepsi mereka terhadap profesi guru kurang baik. Beberapa ahli menyatakan bahwa persepsi akan menghasilkan dorongan untuk melakukan sesuatu hal yang dipersepsi tersebut. Oleh karena itu penelitian ini berjudul pengaruh persepsi mahasiswa PTB tentang profesi guru terhadap motivasi untuk menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi mahasiswa PTB angkatan 2007-2009 tentang profesi guru (2) motivasi mahasiswa PTB angkatan 2007-2009 untuk menjadi guru (3) pengaruh persepsi mahasiswa PTB angkatan 2007-2009 tentang profesi guru terhadap motivasi untuk menjadi guru. Hasil penelitian ini bermanfaat informasi yang lebih jelas bagi lembaga kependidikan Universitas Negeri Malang khususnya bagi Jurusan Teknik Sipil Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan tentang minat dan motivasi mahasiswanya untuk menjadi guru sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan baru demi kemajuan mutu pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan eksplanatory dengan variabel bebas persepsi mahasiswa tentang profesi guru dan variabel terikat motivasi menjadi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PTB angkatan 2007-2009 dengan jumlah 279 orang pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 (25% dari total populasi) instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner teknik analisis regresi dengan menggunakan deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) 65 8% responden mempunyai skor diatas rata-rata (mean) 64 71 yaitu mempunyai persepsi yang baik dan sangat baik terhadap profesi guru 2) 55 76% responden mempunyai skor diatas rata-rata (mean) 52 56 yaitu mempunyai motivasi yang tinggi dan sangat tinggi untuk menjadi guru 3) persepsi tentang profesi guru berpengaruh positif kuat dan signifikan terhadap motivasi untuk menjadi guru (R 0 967 F 89 041 p 0 000) dengan sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel terikat R2 0 935. Sedangkan persamaan regresi dirumuskan Y 10 482 1 109X. Perlu diupayakan secara kontinyu untuk menumbuhkan dan mengembangkan persepsi yang baik terhadap profesi guru agar dapat meningkatkan motivasi dikalangan mahasiswa PTB untuk menjadi guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44002 |
Actions (login required)
View Item |