Pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada program keahlian teknik gambar bangunan SMK di Kota Malang / Firman Akhla - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada program keahlian teknik gambar bangunan SMK di Kota Malang / Firman Akhla

Akhla, Firman (2013) Pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada program keahlian teknik gambar bangunan SMK di Kota Malang / Firman Akhla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pelaksanaan penilaian hasil belajar. Penilaian memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Informasi yang didapat dari proses penilaian tidak saja penting untuk mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa tetapi juga untuk mengukur efektifitas kegiatan pembelajaran. Penilaian tidak hanya bertumpu pada hasil yang dicapai tetapi juga mempertimbangkan segi proses. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan persiapan penilaian hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK di Kota Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru produktif Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK di Kota Malang berjumlah 16 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau sensus sehingga seluruh populasi sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK di Kota Malang adalah sangat baik yang dapat dilihat dari (1) persiapan penilaian hasil belajar siswa dalam kategori sangat baik (2) pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa dalam kategori sangat baik Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) guru lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa terutama yang berkaitan dengan instrumen portofolio agar lebih banyak digunakan dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa (2) diharapkan sekolah selalu melakukan supervisi dan evaluasi pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada guru Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan agar dapat mengontrol objektifitas penilaian dan sebagai pengendalian mutu pelaksanaan hasil belajar siswa (3) bagi para peneliti yang berminat melakukan penelitian berkaitan dengan pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa diharapkan dapat melaksanakan penelitian pada semua Program Keahlian SMK di Kota Malang agar dapat mengetahui tingkat pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada setiap program keahlian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44001

Actions (login required)

View Item View Item