Evaluasi pembagian waktu simpang bersinyal di Jl. Panglima Sudirman - Jl. Patimura Kota Malang / Defi Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pembagian waktu simpang bersinyal di Jl. Panglima Sudirman - Jl. Patimura Kota Malang / Defi Maharani

Maharani, Defi (2013) Evaluasi pembagian waktu simpang bersinyal di Jl. Panglima Sudirman - Jl. Patimura Kota Malang / Defi Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci evaluasi simpang bersinyal Jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di kota Malang hampir tiap tahun bertambah. Akibat dari peningkatan jumlah kendaraan tersebut mengakibatkan kenaikan volume lalu lintas yang menyebabkan kemacetan lalu lintas disetiap ruas jalan kota Malang. Kemacetan lalu lintas banyak terjadi pada persimpangan karena di persimpangan terjadi pertemuan antara dua atau lebih arus lalu lintas. Salah satu simpang yang kinerja simpangnya perlu di evaluasi adalah simpang Jl. Panglima Sudirma-Jl. Patimura Kota Malang. Pada simpang tersebut sering terjadi kemacetan yang disebabkan tidak adanya evaluasi dari pihak terkait sehingga menimbulkan tundaan dan panjang antrian pada jam-jam puncak. Oleh karena itu dalam penelitian ini dicoba untuk mengevaluasi pada simpang tersebut. Evaluasi simpang dilakukan berdasarkan data primer dan data sekunder. Tujuan dari penelian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang dan pembagian waktu yang terjadi pada simpang bersinyal di Jl. Panglima Sudirman - Jl. Patimura pada jam sibuk atau jam puncak. Metode perhitungan evaluasi kinerja simpang ini berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan dengan menggunakan program KAJI. Data penelitian dihitung tiga hari pada hari Senin Rabu dan Sabtu mulai jam 06.00-09.00 dan jam 15.00-18.00. Setelah data terkumpul dilakukan perhitungan untuk mencari jam puncak didapat hasil volume arus lalu lintas jam puncak 1621 6 smp/jam pada hari Rabu mulai jam 07.15-08.15 dilanjutkan dengan mengentri data pada program software KAJI. Dari hasil perhitungan kinerja simpang dan pembagian waktu berdasarkan jam puncak adalah sebagai berikut Pendekat Utara arus jenuh (S) 5035 4 smp/jam arus lalu lintas (Q) 1621 6 smp/jam waktu hijau (g) 38 detik kapasitas (C) 1824 855 smp/jam derajat jenuh (ds) 0 889. Pendekat Selatan arus jenuh (S) 5726 6 smp/jam arus lalu lintas (Q) 777.5 smp/jam waktu hijau (g) 17.5 detik kapasitas (C) 874 9535 smp/jam derajat jenuh (ds) 0 889. Pendekat Timur arus jenuh (S) 3812 1 smp/jam arus lalu lintas (Q) 1032 7 smp/jam waktu hijau (g) 22 5 detik kapasitas (C) 874 9535smp/jam derajat jenuh (ds) 0 889. Pendekat Barat arus jenuh (S) 6722 9 smp/jam arus lalu lintas (Q) 777 5 smp/jam waktu hijau (g) 9 detik kapasitas (C) 874 9535 smp/jam derajat jenuh (ds) 0 889. Hasil penelitian menunjukan nilai DS (Derajat Kejenuhan) diperoleh 0 889 0 75 maka simpang tersebut mengalami kondisi jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya memperhatikan arus lalu lintas dengan mengatur waktu siklus yang ada sesuai LHR dan jam puncak pada simpang bersinyal di Jl. Panglima Sudirman-Jl. Patimura Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44000

Actions (login required)

View Item View Item