Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) pada Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) pada Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Novitasari, Linda (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) pada Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak inovasi pembelajaran saat ini yang berpedoman pada kurikulum 2013 ataupun kurikulum merdeka, dirancang untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran, di satu sisi merangsang peserta didik untuk terlibat aktif menghasilkan ide cemerlang yang dapat mengatasi masalah. Permasalahan LKPD yang digunakan peserta didik kurang mendukung pembelajaran sehingga menyebabkan kurang maksimalnya hasil belajar. Ditetapkan alternatif solusi dengan memasukkan pendekatan STEAM ke dalamnya. STEAM dapat diintegrasikan langsung ke dalam pembelajaran, namun untuk dapat lebih menambah potensi keaktifan peserta didik, STEAM dapat pula diterapkan melalui pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD). LKPD didesain khusus untuk menjadi panduan bagi peserta didik untuk dapat melaksanakan proses belajar secara mandiri.Tujuan dari diadakannya penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) pada tema 8 subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan peserta didik kelas V sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan LKPD berbasis STEAM menggunakan teknik uji valid, praktis, dan efektif produk. Penelitian pengembangan Research and Development ini menggunakan model Dick & Carey. Data yang digunakan berupa lembar validasi ahli, angket untuk guru dan peserta didik, serta menggunakan data hasil pretest dan posttest. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan memenuhi kriteria kevalidan sebesar 90,00%, kepraktisan sebesar 90,71%, dan keefektifan dari hasil pretest dan posttest mengaplikasikan rumus N-Gain sebanyak 0,76, dan skor ini berkategori tinggi sehingga terjadi peningkatan. Sebagai saran LKPD berbasis STEAM ini masih dapat digunakan untuk pembelajaran kelas V sekolah dasar yang masih menggunakan kurikulum 2013 tematik. Materi pembelajaran yang dikembangkan dalam LKPD ini hanya berfokus pada Tema 8 Subtema 3 saja, untuk pengembangan lebih lanjut dapat ditambah lagi yaitu utuh Tema 8 secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:45
Last Modified: 25 Sep 2023 02:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item