Dewanti, Anandayu Widdy (2009) Pengaruh pembelajaran berbasis audio visual terhadap prestasi belajar biologi bagi siswa yang memiliki gaya belajar berbeda di SMPN 13 Malang / Anandayu Widdy Dewanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewanti Anandayu Widdy. 2008. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Biologi Bagi Siswa Yang Memiliki Gaya Belajar Yang Berbeda Di SMPN 13 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed. (II) Drs. Sihkabuden M.Pd Kata kunci metode belajar gaya belajar prestasi. Proses pembelajaran pada hakikatnya merupakan proses komunikasi yaitu proses penyampaian pesan pembelajaran dari sumber pesan melalui saluran/media tertentu kepada penerima pesan. Ada kalanya proses penyampaian pesan ini mengalamai gangguan sehingga tidak dapat diterima dengan baik oleh siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang tepat dalam proses pembelajaran. Berangkat dari fakta yang diperoleh peneliti khususnya pada mata pelajaran Biologi siswa SMPN 13 Malang kelas VII pesan masih disampaikan dengan ceramah meskipun guru mata pelajaran biologi menyimpulkan bahwa proses pembelajaran belum berjalan secara efektif dan efisien. Dari sini peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran berbasis audio visual. Selain pembelajaran berbasis audio visual sebagai variabel yang mempengaruhi prestasi belajar variabel gaya belajar siswa pun diduga mempengaruhi prestasi belajarnya. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui tentang ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis audio visual dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi di SMPN 13 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Peneliti membagi subyek penelitian menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswa kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pembelajaran berbasis audio visual sedangkan siswa kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran dengan metode ceramah. Pada akhir penelitian ini akan diuji tiga hipotesis penelitian yaitu ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis audio visual terhadap prestasi belajar biologi pada siswa yang bergaya belajar visual di SMPN 13 Malang ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis audio visual terhadap prestasi belajar biologi pada siswa yang bergaya belajar auditorial di SMPN 13 Malang serta ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis audiovisual terhadap prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar berbeda di SMPN 13 Malang. Untuk menguji hipotesis penelitian maka digunakan analisis statistik uji-t independen sampel dengan bantuan program SPSS 12.0 For Windows. Uji t dilakukan untuk menguji apakah suatu hipotesis diterima atau ditolak. Dari hasil uji hipotesis pertama didapatkan nilai thitung sebesar 2 445 ( 61537 0 019 0 05) ttabel (df 73 61537 0 05) 2 000. Oleh karena thitung ttabel maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar biologi pada siswa yang memiliki gaya belajar visual yang diajar menggunakan metode pembelajaran audiovisual dan metode pembelajaran ceramah di SMPN 13 Malang. Dari hasil uji hipotesis ke dua didapatkan nilai thitung sebesar 2 426 ( 61537 0 021 0 05) ttabel (df 73 61537 0 05) 2 000. Oleh karena thitung ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar biologi pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial yang diajar menggunakan metode pembelajaran audiovisual dan metode pembelajaran ceramah di SMPN 13 Malang. Dari uji hipotesis pertama dan ke dua tersebut dapat diketahui bahwa perbedaan prestasi belajar tersebut disebabkan oleh adanya pengaruh pemberian metode pembelajaran yang berbeda kepada siswa yang memiliki gaya belajar yang sama. Dari uji hipotesis pertama ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis audio visual terhadap prestasi belajar biologi pada siswa yang bergaya belajar visual di SMPN 13 Malang dan dari uji hipotesis ke dua dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis audio visual terhadap prestasi belajar biologi pada siswa yang bergaya belajar auditorial di SMPN 13 Malang. Sedangkan dari hasil uji hipotesis ke tiga nilai t hitung sebesar 3 964 ( 61537 0 000 0 05) dan ttabel (df 1 74 61537 0 05) 2 000. Oleh karena thitung ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar biologi pada siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial yang diajar menggunakan metode pembelajaran audiovisual di SMPN 13 Malang. Perbedaan prestasi belajar ini disebabkan oleh adanya pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis audio visual dan gaya belajar yang berbeda pada diri siswa. Dari ketiga uji hipotesis ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran berbasis audiovisual terhadap prestasi belajar siswa yang memiliki gaya belajar berbeda di SMPN 13 Malang. Dari hasil penelitian ini maka disarankan kepada para pembelajar (guru) untuk memperhatikan gaya belajar siswa dalam mengajar agar dapat menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa sehingga dapat memaksimalkan potensi prestasi belajar siswa. Untuk pihak kepala sekolah disarankan agar memberikan dukungan terhadap penggunaan metode pembelajaran berbasis audivisual agar didapatkan hasil belajar siswa yang optimal. Sedangkan peneliti selanjutnya yang tertarik dengan tema penelitian ini disarankan agar memperluas tema dengan menambahkan variabel-variabel lain. Selain itu perlu menggunakan pendekatan metode penelitian yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44 |
Actions (login required)
View Item |