Pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan in ternet dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universotas Negeri Malang / Khoirul Effendi

Efendi, Khoirul (2012) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan in ternet dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universotas Negeri Malang / Khoirul Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Pemanfaatan perpustakaan, pemanfaatan internet, prestasi belajar Dalam mencapai tujuannya untuk mencetak lulusan yang berkualitas, Jurusan Teknik Sipil menyediakan sumber belajar berupa perpustakaan dan internet yang dapat digunakan oleh mahasiswa jurusan teknik sipil. Jarak perpustakaan Universitas malang yang relatif dekat dengan gedung G3 jurusan teknik sipil yang memudahkan mahasiswa bekunjung dan dengan adanya fasilitas hospot yang ada di area gedung G3 jurusan teknik sipil yang memudahkan mahasiswa dalam mengakses internet. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan, 2) Mendeskripsikan pemanfaatan internet, 3) Mendeskripsikan prestasi belajar, 4) Mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Teknik Sipil Negeri Malang. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif inferensial yang bersifat ex-post facto (data dikumpulkan setelah semua kejadian sedang berlangsung maupun telah berlalu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Malang dengan jumlah 459 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 92 orang yang mewakili prodi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan D3 Teknik Sipil angkatan 2008, 2009 dan 2010. Teknik pengambilan data berupa kuesioner. Teknik analisa data berupa statistik deskriptif (frekuensi, prosentase, mean, dan diagram) serta analisis inferensial (analisis regresi linier berganda). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) 50% mahasiswa Teknik Sipil jarang memanfaatkan perpustakaan, 2) 61,96% mahasiswa Teknik Sipil sering memanfaatkan internet, 3) 52,17% mahasiswa Teknik Sipil memiliki prestasi belajar yang tinggi, 4) ada Pengaruh yang signifikan secara simultan maupun secara parsial variabel pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan: 1) Kepada Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang agar mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, 2) Kepada mahasiswa agar secara aktif mencari dan memanfaatkan sumber belajar berupa perpustakaan dan internet untuk meningkatkan prestasi belajarnya, 3) Kepada penelitia selanjutnya yang tertarik dengan tema penelitian ini untuk membahas pemanfaatan perpustakaan dan pemanfaatan internet secara lebih kritis mengingat bahwa mudah sekali terjadi penyalahgunaan sarana perpustakaan dan internet untuk kegiatan yang tidak mendukung kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43993

Actions (login required)

View Item View Item