Pengaruh pola asuh orang tua,kondisi tempat tinggal dan motivasi belajaar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 pendidikan teknik bangunan fakultas teknik Universitas Negeri Malang / Putri Nur Sifa.Mumpuniningdyah

Mumpuniningdyah Putri Nur Sifa (2012) Pengaruh pola asuh orang tua,kondisi tempat tinggal dan motivasi belajaar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 pendidikan teknik bangunan fakultas teknik Universitas Negeri Malang / Putri Nur Sifa.Mumpuniningdyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: pola asuh orang tua, kondisi tempat tinggal, motivasi belajar, prestasi belajar. Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan modernsasi saat ini. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah pendidikan. Parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pendidikan adalah prestasi belajar. Prestasi belajar yang dicapai dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari diri (faktor internal) maupun dari luar (faktor eksternal). Faktor internal diantaranya adalah minat, bakat, motivasi, tingkat intelegensi. Sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah faktor metode pembelajaran, pola asuh orang tua dan kondisi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh, kondisi tempat tinggal dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 pendidikan teknik bangunan fakultas teknik universitas negeri malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif inferensial. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Sipil Fakultas Teknik UM antara angkatan 2005 - 2010 yang terdaftar pada ajaran 2010/ 2011 dengan jumlah 646 mahasiswa. Sedangkan sampel yang digunakan adalah mahasiswa S1 Jurusan Sipil Fakultas Teknik UM, dengan jumlah 45 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan jalur analisi (path analysis) Hasil penelitian pada Tabel Coefficient menunjukkan bahwa (1) pola asuh orang tua baik langsung maupun tidak langsung tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar, (2) kondisi tempat tinggal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar, namun ada kontribusi langsung terhadap motivasi belajar, dan (3) motivasi belajar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar baik langsung maupun tidak langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43991

Actions (login required)

View Item View Item