Evaluasi kondisi sarana dan prasarana laboratorium pendidikan teknik bangunan jurusan teknik sipil Universitas Negeri Malang terhadap standar minimal laboratorium, workshop, dan studio pendidikan teknologi dan kejuruan jenjang S1 / Etty Kurniawati

Kurniawati, Etty (2012) Evaluasi kondisi sarana dan prasarana laboratorium pendidikan teknik bangunan jurusan teknik sipil Universitas Negeri Malang terhadap standar minimal laboratorium, workshop, dan studio pendidikan teknologi dan kejuruan jenjang S1 / Etty Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: sarana dan prasarana, laboratorium; workshop, dan studio, pendidikan teknik bangunan Sarana dan prasarana adalah unsur penunjang dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mencakup bangunan, perabotan, peralatan (perangkat keras dan lunak). Sesuai dengan visi, misi atau mandatnya maka suatu perguruan tinggi membutuhkan pengembangan suatu sistem pengelolaan yang mencakup perencanaan, pengadaan, pendataan, pemanfaatan, pemeliharaan, penghapusan, serta pemutahiran semua sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang mencakup sarana dan prasarana laboratorium, workshop dan studio yang ada pada program studi Pendidikan Teknik Bangunan yang kemudian dibandingkan dengan standar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tabel yang mengacu pada standar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, sebagian besar kondisi kondisi sarana menunjukan, dari 9 laboratorium, workshop, dan studio, 5 laboratorium dalam kondisi Sangat Layak, 2 laboratorium dalam kondisi Cukup Layak, 1 laboratorium dalam kondisi Kurang Layak, dan 1 laboratorium dalam kondisi Sangat Tidak Layak. Kedua, kondisi prasarana menunjukkan, dari 9 laboratorium, workshop, dan studio, 7 laboratorium dalam kondisi Cukup Layak, 1 laboratorium dalam kondisi Kurang Layak, dan 1 laboratorium dalam kondisi Sangat Tidak Layak. Ketiga, kesesuaian sarana dan prasarana program studi Pendidikan Teknik Bangunan terhadap Standar Minimal Laboratorium, Workshop, dan Studio Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Jenjang S1, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 40 Tahun 2004, dan Instrumen Verifikasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan No. 1023-P2-10/11 menunjukkan 1 dari 9 indikator mencapai kriteria pencapaian sarana Kurang Sesuai, sedangkan kriteria pencapaian prasarana menunjukkan 5 dari 6 indikator mencapai Kurang Sesuai. Pihak jurusan sebaiknya lebih memperhatikan masalah pencahayaan, seperti menambah titik lampu dan memperbaiki lampu yang rusak, karena semua laboratorium dan workshop tidak ada yang memenuhi standar intensitas cahaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43990

Actions (login required)

View Item View Item