Pengaruh kecerdasan emosional(EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi siswa kelas XI jurusan bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Nisfu Amaliasani <BR> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan emosional(EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi siswa kelas XI jurusan bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Nisfu Amaliasani <BR>

Amaliasani, Nisfu (2012) Pengaruh kecerdasan emosional(EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi siswa kelas XI jurusan bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Nisfu Amaliasani <BR>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kecerdasan Emosional (EQ) Kecerdasan Spiritual (SQ) dan Prestasi belajar. Kecerdasan Emosional (EQ) adalah kemampuan mengelola perasaan diri sendiri kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dalam hubungannya dengan orang lain. Kecerdasan Spiritual (SQ) adalah kemampuan manusia untuk memberikan makna ibadah kepada Allah dalam setiap aktivitasnya. Kecerdasan Spiritual (SQ) merupakan landasan yang diperlukan untuk mengfungsikan Kecerdasan Emosional (EQ). Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Bangunan SMK Negeri 1 Singosari. Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap presatasi belajar siswa kelas XI Jurusan Bangunan SMK Negeri 1 Singosari baik secara parsial maupun simultan. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah EQ (X1) dan SQ (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Bangunan yang berjumlah 92 siswa. Teknik yang dipakai untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk memperoleh gambaran tentang Kecerdasan Emosional (EQ) Kecerdasan Spiritual (SQ) dan prestasi belajar siswa. Sedangkan teknik analisis regresi digunakan untuk menganalisis pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Bangunan SMK Negeri 1 Singosari baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini didapat nilai signifikansi untuk EQ sebesar sig t 0 012 0 05. Dan nilai signifikansi untuk SQ sebesar sig t 0 027 0 05. Sedangkan nilai signifikansi untuk EQ dan SQ sebesar 0 016 kemudian angka tersebut dibandingkan dengan nilai signifikansi 0 05 ternyata nilai sig. F lebih kecil dari signifikansi (0 016 0 05) maka Ho ditolak artinya terdapat hubungan yang signifikan antara EQ dan SQ terhadap prestasi belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) baik secara serentak (simultan/bersama-sama) maupun secara sendiri-sendiri (parsial) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jurusan Bangunan SMK Negeri 1 Singosari. ii Jadi selain Kecerdasan Intelegensi (IQ) ada faktor lain yang menentukan keberhasilan pendidikan yaitu Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ). Perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan dengan mengedepankan nilai-nilai emosional yang sinergis dengan nila-nilai spiritual. Dengan harapan terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas dan bermakna bagi diri siswa keluarga masyarakat bangsa dan agama. Dalam dunia pendidikan dan dalam proses belajar mengajar guru harus menyeimbangkan antara EQ dan SQ untuk mencapai keberhasilan tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43989

Actions (login required)

View Item View Item