Perbedaan penerapan media pembelajaran macromedia flash dengan powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian kontruksi 1 batu beton SMK Negeri 1 Singosari / Niken Novi Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penerapan media pembelajaran macromedia flash dengan powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian kontruksi 1 batu beton SMK Negeri 1 Singosari / Niken Novi Hidayati

Hidayati, Niken Novi (2012) Perbedaan penerapan media pembelajaran macromedia flash dengan powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas X bidang keahlian kontruksi 1 batu beton SMK Negeri 1 Singosari / Niken Novi Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Macromedia Flash Media Pembelajaran PowerPoint Hasil Belajar. Menghadapi pesatnya persaingan pendidikan di era global ini mutu pendidikan sangat diperlukan guna mengelola dan mencetak SDM yang handal serta berwawasan luas. Salah satu perangkat lunak yang sangat mendukung dalam penerapannya sebagai media pembelajaran adalah PowerPoint. Selain Powerpoint perangkat lunak yang sangat mendukung dalam penerapannya sebagai media pembelajaran yang interaktif adalah Macromedia Flash. Dari teknologi yang berkembang saat ini maka peneliti menerapkan media pembelajaran Macromedia Flash dan PowerPoint diharapkan dapat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan media pembelajaran Macromedia Flash terhadap hasil belajar Siswa Kelas X Bidang Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Singosari. (2) Mengetahui penerapan media pembelajaran PowerPoint terhadap hasil belajar Siswa Kelas X Bidang Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Singosari. (3) Mengetahui adanya perbedaan penerapan media pembelajaran Macromedia Flash dengan PowerPoint terhadap hasil belajar pada Siswa Kelas X Bidang Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Singosari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen yaitu dua kelompok pre test dan post test. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Singosari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari sampel diambil sebanyak 2 kelas dari kelas TKB1 dan TKB2 yang diambil sebanyak 61 siswa. Berdasarkan hasil analisis bahwa uji nomalitas menunjukkan data terdistribusi normal dan uji homogenitas menunjukkan sampel dari kelompok kontrol dan kelompok ekspermen homogen. Setelah data dinyatakan normal dan kedua sampel dinyatakan homogen selanjutnya dilakukan uji t. Hasil analisis uji t menunjukan pada taraf signifikan 95% hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar media pembelajaran Macromedia Flash dengan media pembelajaran PowerPoint. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan media pembelajaran Macromedia Flash memberikan kontribusi yang baik sekali terhadap hasil belajar siswa. (2) penerapan media pembelajaran PowerPoint memberikan kontribusi yang cukup bagi hasil belajar siswa. (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan media pembelajara Macromedia Flash dengan media pembelajaran PowerPoint

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43988

Actions (login required)

View Item View Item