Evaluasi pelaksanaan pembelajaran praktik kerja industri pada bidang keahlian konstruksi bangunan SMK Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan / Lilis Nur Oktavia

Oktavia, Lilis Nur (2012) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran praktik kerja industri pada bidang keahlian konstruksi bangunan SMK Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan / Lilis Nur Oktavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Evaluasi, Prakerin Evaluasi merupakan sebuah proses penggambaran, pencarian, pemberian informasi yang sangat bermanfaat bagi pengambilan keputusan dan menentukan hasil yang telah dicapai dari beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan. Pentingnya evaluasi yaitu untuk menentapkan keberhasilan peserta didik dalam menguasai satu unit kompetensi. Praktik Kerja Industri merupakan upaya lembaga pendidikan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dua pihak antara guru di lingkungan sekolah dan instruktur diluar lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendiskripsikan tingkat efektivitas perencanaan praktik industri, (2) mendiskripsikan tingkat efektivitas pelaksanaan pembelajaran praktik industri dan (3) mendiskripsikan tingkat efektivitas evaluasi pelaksanaan pembelajaran praktik industri di SMK N 1 Winongan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Winongan Program Keahlian Konstruksi Bangunan. Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik dan 5 guru pembimbing. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Data yang terkumpul di analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan rata-rata (means) skor. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pada Program Keahlian Konstruksi Bangunan SMK N 1 Winongan secara keseluruhan meliputi: (1) Dalam Perencanaan pelaksanaan pembelajaran praktik industri jurusan Konstruksi Bangunan di SMK N 1 Winongan Kabupaten Pasuruan termasuk dalam kategori baik, dengan skor rata-rata 2,81 , (2) Pelaksanaan pembelajaran praktik industri jurusan Konstruksi Bangunan di SMK N 1 Winonga Kabupaten Pasuruan termasuk dalam kategori baik, dengan skor rata-rata 2,99, sedangkan (3) Evaluasi pembelajaran praktik industri jurusan Konstruksi Bangunan di SMK N 1 Winongan Kabupaten Pasuruan termasuk dalam kategori efektivitas yang baik, dengan skor rata-rata 2,93. Mengacu pada beberapa kesimpulan penelitian diajukan beberapa saran sebagai berikut : (1) Pada guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Winongan Kabupaten Pasuruan, perencanaan pembelajaran praktik kerja industri di sekolah yang tingkat efektivitasnya baik perlu lebih ditingkatkan lagi, sehingga dengan demikian pelaksanaan pembelajaran praktik indstri jurusan Konstruksi Bangunan SMK N 1 Winongan Kabupaten Pasuruan dapat ditingkatkan kualitasnya, (2) Bagi Instruktur Industri, harus meningkatkan pembimbingan sesuai dengan panduan-panduan pembelajaran yang sudah ada, (3) Untuk pihak sekolah ( Kepala Sekolah), secara intensif mengevaluasi dan monitoring pada semua aspek penyelenggaraan praktik industri, (4) untuk guru praktik dan instruktur, untuk melakukan evaluasi praktik harus sesuai dengan standart penilaian yang berlaku, sedangkan (5) Untuk siswa SMK N 1 Winongan , pelaksanaan pembelajaran praktik di industri tingkat efektivitasnya baik, perlu ditingkatkan lagi, lebih tekun dan rajin dalam melaksanakan Praktik Industri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43983

Actions (login required)

View Item View Item