Pengembangan media gambar sliding mata pelajaran gambar konstruksi bangunan kelas XI-Teknik Kpnstruksi Banguinan ( TKB) SMK Negeri 1 Singosari Malang / Shinta Dewi Purwaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media gambar sliding mata pelajaran gambar konstruksi bangunan kelas XI-Teknik Kpnstruksi Banguinan ( TKB) SMK Negeri 1 Singosari Malang / Shinta Dewi Purwaningsih

Purwaningsih, Shinta Dewi (2012) Pengembangan media gambar sliding mata pelajaran gambar konstruksi bangunan kelas XI-Teknik Kpnstruksi Banguinan ( TKB) SMK Negeri 1 Singosari Malang / Shinta Dewi Purwaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media gambar sliding gambar konstruksi bangunan. Berdasarkan hasil observasi lapangan terhadap siswa kelas XI-TKB SMK Negeri 1 Singosari Malang salah satu permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan khususnya pada kompetensi dasar Menggambar Kusen Pintu dan Jendela adalah siswa kurang memahami materi tersebut dikarenakan mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan merupakan mata pelajaran yang memerlukan daya nalar dan imajinasi yang luas sehingga apabila tidak disertai dengan media yang menarik akan menimbulkan kejenuhan dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media berupa gambar sliding yang dapat digunakan untuk pembelajaran pada kompetensi dasar Menggambar Kusen Pintu dan Jendela dan (2) menguji validitas media gambar sliding serta (3) menguji efektifitas penggunaan media gambar sliding pada proses belajar mengajar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah pengembangan dan validasi produk sebagai berikut (1) mengidentifikasi kebutuhan (2) pengumpulan data (3) pembuatan desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba lapangan (7) revisi produk. Sedangkan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media gambar sliding dalam proses pembelajaran dilakukan dengan cara membandingkan hasil test antara kelas yang diajar dengan menggunakan media gambar sliding dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan media gambar sliding kemudian diuji dengan independet sample t-test. Populasi untuk masing-masing kelas sebanyak 40 siswa. Penelitian dan pengembangan media gambar sliding menghasilkan media gambar sliding yang di dalamnya tersaji materi disertai dengan gambar dan contoh soal serta sudah divalidasi oleh ahli media mengenai kesesuaiannya dengan pengalaman belajar siswa perkembangan kemampuan belajar siswa serta pertumbuhan imajinasi siswa. Media gambar sliding sudah divalidasi oleh ahli materi mengenai materi yang disajikan disesuaikan dengan tahapan tingkat kesulitan belajar siswa. Hasil uji coba lapangan terhadap penggunaan media gambar sliding dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa anatar kelas yang diajar tanpa menggunakan media gambar sliding dengan kelas yang diajar menggunakan media gambar sliding (t -21 726 p 0.000 945 0.025 dua arah). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar sliding efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran gambar konstruksi bangunan. Untuk perkembangan selanjutnya media gambar sliding dapat dikembangkan pada kompetensi lain dengan memodifikasi tampilan gambarnya. Sehingga media gambar sliding tersebut tetap dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada kompetensi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43982

Actions (login required)

View Item View Item