Pelaksanaan standar proses pembelajaran pada kompetensi keahlian gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Firda Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan standar proses pembelajaran pada kompetensi keahlian gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Firda Yulianto

Yulianto, Firda (2012) Pelaksanaan standar proses pembelajaran pada kompetensi keahlian gambar bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Firda Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pelaksanaan standar proses pembelajaran. Standar Proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi. Standar proses meliputi perencanaan pelaksanaan penilaian dan pengawasan. Dari pelaksanaan standar proses tersebut dibagi menjadi dua yang meliputi persyaratan dan pelaksanaan pembelajaran. Penilitian ini untuk mengetahui pelaksanaan standar proses pembelajaran Kelas X Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang yang meliputi Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penilitian deskriptif kualitatif. Desain deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan secara kualitatif mengenai pelaksanaan standar proses. Subyek penelitian ini adalah Ketua Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan guru wali dan siswa kelas X Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Metode Penggalian data yang digunakan adalah wawancara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kelas X Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang (1) rombongan belajar belum memenuhi standar proses karena jumlah peserta didik melebihi ketentuan standar proses (2) beban mengajar minimal guru sudah memenuhi standar proses karena guru diwajibkan memiliki beban mengajar minimal 24 jam tatap muka per minggu (3) buku teks pelajaran peserta didik dari segi rasio buku teks pelajaran belum memenuhi standar proses karena peserta didik tidak diharuskan memiliki buku teks pelajaran per mata pelajaran (4) pengelolaan kelas belum memenuhi standar proses karena guru tidak diharuskan mengenal karakteristik siswa dan mata pelajaran terkait untuk mengatur tempat duduk di kelas masih ada guru yang memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tidak sesuai dengan waktu yang dijadwalkan dan masih ada guru yang menjelaskan materi dengan volume suara yang lemah (5) kegiatan pendahuluan sudah memenuhi standar proses karena sudah melalui tahap salam berdoa guru mengkondisikan kelas atau memberikan stimulus untuk menuju ke kegiatan inti (6) kegiatan inti belum memenuhi standar proses karena kurangnya kegiatan konfirmasi dan (7) kegiatan penutup belum memenuhi standar proses karena masih ada guru yang jarang memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43977

Actions (login required)

View Item View Item