Pengembangan media pembelaharan multimedia berbasis WEB pada mata pelajaran autocad 3 dimensi dalam bidang keahlian tekni gambar bangunan di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Ahmad Faris Riza Kurniawan

Kurniawan, Ahmad Faris Riza (2012) Pengembangan media pembelaharan multimedia berbasis WEB pada mata pelajaran autocad 3 dimensi dalam bidang keahlian tekni gambar bangunan di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Ahmad Faris Riza Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Media pembelajaran, multimedia berbasis web, autocad 3D. Prestasi belajar yang belum mencapai nilai ketuntasan merupakan salah satu pertanda belum tercapainya tujuan pembelajaran. Faktor ketuntasan prestasi belajar diantaranya: (1) faktor dari diri siswa sendiri; (2) kelengkapan fasilitas yang dimiliki sekolah; (3) metode dan strategi pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa dan (4) kurang efektifnya media pembelajaran yang digunakan. Pemilihan jenis media pembelajaran yang tepat perlu diperhitungkan dengan matang untuk mempermudah penyampaian informasi yang akan diberikan kepada siswa. Kriteria media yang baik adalah sesuai dengan kondisi siswa, karakteristik materi ajar, dan fasilitas yang tersedia. Salah satu media yang cocok dan memenuhi ketiga kriteria tersebut adalah media pembelajaran multimedia berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak AutoCad 3 Dimensi dengan sasaran pengguna siswa kelas XI semester 2 di SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi berupa media pembelajaran multimedia berbasis web serta mengukur tingkat kelayakan media. Pada penelitian ini, model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall dalam Setyosari (2012:228) yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan adalah: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan media; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi uji ahli dan uji materi; (5) analisis hasil validasi; (6) revisi produk; (7) uji coba kelompok besar/uji lapangan; dan (8) revisi produk akhir. Media pembelajaran dapat digunakan melalui koneksi jaringan intranet atau biasa disebut local area network (LAN). Media pembelajaran berbasis web memiliki tiga fitur utama yaitu: (1) fitur materi; (2) fitur sajian download; dan (3) media evaluasi. Hasil pelaksanaan validasi oleh ahli media mengenai aspek rekayasa perangkat lunak diperoleh prosentase sebesar 89% termasuk pada kriteria sangat layak dan validasi aspek komunikasi visual diperoleh prosentase sebesar 81% termasuk pada kriteria sangat layak. Validasi oleh ahli materi tentang aspek desain produk mendapatkan prosentase sebesar 84% termasuk pada kriteria sangat layak. Hasil uji coba lapangan mengenai aspek kemudahan pemakaian media pembelajaran, aspek penyajian terhadap daya tarik dan aspek pemahaman terhadap materi media pembelajaran mendapatkan prosentase sebesar 96%, 85% dan 84% termasuk pada kriteria sangat layak. Dari hasil validasi media pembelajaran secara keseluruhan dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran multimedia berbasis web termasuk pada kriteria kelayakan sangat layak dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Saran untuk pengembangan lebih lanjut agar produk lebih maksimal dalam penggunaan diantaranya, media pembelajaran dapat dilengkapi dengan bahan-bahan yang dianggap mampu memberikan wawasan lebih kepada pengguna yang lebih mengaktifkan peran peserta didik dan diharapkan untuk pengembangan selanjutnya media pembelajaran dapat diakses secara online melalui jaringan internet, sehingga dapat digunakan secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43976

Actions (login required)

View Item View Item