Pengaruh konsep diri dan kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 6 Malang / Diana Metaria

Metaria, Diana (2012) Pengaruh konsep diri dan kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 6 Malang / Diana Metaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: konsep diri, kepedulian orang tua, prestasi belajar Berdasarkan hasil observasi selama Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) pada semester Gasal tahun ajaran 2011/2012 di SMKN 6 Malang, ditemukan permasalahan yaitu kurang optimalnya prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai raport siswa yaitu hanya sekitar 48% yang dapat mencapai batas KKM (70-79). Kurang optimanya prestasi belajar ini diduga dikarenakan kurang aktifnya siswa pada saat pelajaran di kelas, kurangnya rasa kemauan siswa untuk belajar dan kurangnya perhatian dari orang tua. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tentang konsep diri, kepedulian orang tua, dan prestasi belajar siswa, (2) menguji pengaruh konsep diri dan kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 6 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan eksplanatori. Populasi meliputi siswa kelas X berjumlah 68 dan kelas XI berjumlah 67 dengan jumlah 135 siswa. Sedangkan sampel sejumlah 95 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket untuk data konsep diri dan kepedulian orang tua, dokumentasi untuk data prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan: (1) Untuk konsep diri hanya sejumlah 26 siswa saja (28%) yang memiliki konsep diri tinggi, sedangkan sejumlah 69 siswa (72%) memiliki konsep diri yang sedang dan rendah. (2) Kepedulian orang tua hanya sejumlah 9 siswa saja (9%) yang memiliki konsep diri tinggi, sedangkan sejumlah 86 siswa (91%) memiliki kepedulian orang tua yang sedang dan rendah. (3) Prestasi belajar hanya sejumlah 28 siswa saja (29%) yang memiliki prestasi belajar yang baik, sedangkan sejumlah 67 siswa (71%) memiliki prestasi belajar yang cukup dan kurang. (4) Koefisien regresi R = 0,753 dengan F = 60,081; p = 0,000 < &#945; = 0,05, membuktikan bahwa konsep diri dan kepedulian orang tua secara bersama-sama berpengaruh positif, kuat dan signifikan terhadap pencapaian prestasi belajar. Koefisien determinasi sebesar 0,566 menunjukkan bahwa konsep diri dan kepedulian orang tua secara bersamasama memberikan sumbangan efektif sebesar 56,6% terhadap pencapaian prestasi belajar. Untuk memprediksi pencapaian prestasi belajar dapat dilakukan dengan persamaan regresi Y = 32,541 + 0,305X1 + 0,436X2. Untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa, selain konsep diri dan kepedulian orang tua masih terdapat variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian yang harus diperhatikan, karena memberikan pengaruh yang masih cukup dominan yaitu sebesar 43,4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43974

Actions (login required)

View Item View Item