Evaluasi pelaksanaan pendidikan pada kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep / Firman Eka Lesmana

Lesmana, Firman Eka (2012) Evaluasi pelaksanaan pendidikan pada kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep / Firman Eka Lesmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : input siswa, pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan soft skill kedi-siplinan, prestasi belajar. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya pelaksanaan pendidikan di suatu sekolah perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi meliputi input, proses, dan output yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kualitas input siswa, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) pelaksanaan soft skill kedisiplinan, (4) prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan, dan (5) prestasi tingkah laku siswa Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep sebanyak 69 siswa. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disajikan sebagai berikut: (1) kualitas input siswa UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep dilihat dari nilai Ujian Nasional SMP tahun ajaran 2008/2009 adalah cukup baik, (2) pelaksanaan pembelajaran di UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep adalah cukup baik, (3) pelaksanaan soft skill kedisiplinan di UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep adalah cukup baik, (4) prestasi belajar siswa UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep adalah cukup baik, dan (5) prestasi tingkah laku siswa UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep adalah baik. Adapun saran-saran berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah: (1) untuk memperoleh kualitas input siswa yang baik UPT SMK Negeri 1 Kalianget hendaknya melakukan promosi ke sekolah SMP. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat masuk siswa ke SMK. Apabila kualitas input baik maka output yang dihasilkan juga akan baik. Hal ini tentunya perlu ditunjang dengan pelaksanaan pembelajaran yang baik. Pelaksanaan pembelajaran yang baik dapat dicapai dengan menggunakan metode pembelajaran yang variatif sesuai dengan Pasal 19 Peraturan Pemerintah tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pelaksanaan soft skill kedisiplinan tidak boleh dilupakan dalam mencetak output yang berkualitas. Karena jika lingkungan sekolah baik maka prestasi siswa akan baik pula. Untuk menciptakan lingkungan yang baik UPT SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep hendaknya menerapkan disiplin presentif dan disiplin korektif, (2) siswa hendaknya mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah yang di dalamnya mencakup tentang kedisiplinan, (3) hendaknya meneliti tentang hubungan input siswa, pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan soft skill kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43970

Actions (login required)

View Item View Item