Pola penggunaan dan hubungan antara intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar dan prestasi belajar mahassiswa Teknik Sipil Universitas Negeri Malang / Atung Tri Hudaya

Hudaya, Atung Tri (2012) Pola penggunaan dan hubungan antara intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar dan prestasi belajar mahassiswa Teknik Sipil Universitas Negeri Malang / Atung Tri Hudaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : Pendidikan tinggi, intensitas, internet. Sebagai sebuah sumber informasi yang hampir tidak terbatas, internet memenuhi kapasitas untuk dijadikan sebagai salah satu sumber belajar,terutama bagi Mahasiswa Teknik Sipil, potensi media internet sebagai sumber belajar sangat besar untuk memberikan akses informasi, pengetahuan dan pemahaman serta membantu dan menunjang proses perkuliahan, mulai dari regristrasi akademik, membantu menyelesaikan tugas kuliah, sampai pada pemahaman materi yang diberikan oleh dosen. Dilatar belakangi masalah tersebut, penulis berkeinginan menggali informasi untuk mengetahui lebih jauh tentang sejauh mana mahasiswa Teknik Sipil telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pola penggunaan internet sebagai sumber belajar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang; (2) Mengetahui hubungan intensitas menggunakan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Memperhatikan dari rumusan masalah tersebut desain penelitian ini ada dua macam,untuk mengetahui pola penggunaan internet digunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk mengetahui hubungan digunakan analisis korelasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa teknik sipil UM, sedangkan untuk pengambilan sampel didapat 30% dari jumlah populasi yaitu diperoleh 91 mahasiswa. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa: (1)pola mahasiswa menggunakan internet sebagai sumber belajar terdapat beberapa hal diantaranya ,lokasi mengakses di rumah (47,25%), sering mengakses internet (59,34%), >4 jam sekali mengakses internet (36,26%), search engine sering diakses (61,53%) (2) Dari hasil analisa korelasi product moment pearson yang telah dilakukan, nilai signifikansi p(0,172) untuk hubungan antara variabel intensitas menggunakan internet sebagai sumber belajar (X) dan prestasi belajar (Y) > α (0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara intensitas menggunakan internet sebagai sumber belajar (X) dan prestasi belajar (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43969

Actions (login required)

View Item View Item