Pengaruh penambahan serbuk arang tempurung kelapa terhadap karakteristik sifat aspal / Eko Irawanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan serbuk arang tempurung kelapa terhadap karakteristik sifat aspal / Eko Irawanto

Irawanto, Eko (2012) Pengaruh penambahan serbuk arang tempurung kelapa terhadap karakteristik sifat aspal / Eko Irawanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci sifat aspal serbuk arang tempurung kelapa. Dalam peningkatan mutu kualitas jalan salah satu faktor utama yang mampu membuat konstruksi jalan menjadi lebih kuat dan tahan lama selain juga dari proses pelaksanaan adalah aspal itu sendiri sebagai bahan pengikat oleh karena itu pembangunan dan pemeliharaannya harus benar-benar diperhatikan. Untuk meningkatkan kualitas dari aspal diperlukan suatu bahan tambah alternatif yang mampu membuat kualitas aspal menjadi lebih baik dalam hal ini peneliti memakai serbuk arang tempurung kelapa sebagai bahan alternatif tambahan campuran aspal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karakteristik sifat aspal pada jumlah penambahan serbuk arang tempurung kelapa sebesar 2% 4% 6% 8% dan 10% dan (2) untuk mengetahui berapa persen kadar serbuk arang tempurung kelapa yang menghasilkan karakteristik aspal yang memenuhi batasan aspal penetrasi 60/70 menurut SNI 1991. Pengujian karakteristik sifat aspal meliputi berat jenis penetrasi titik lembek titik nyala dan titik bakar daktilitas kehilangan berat penetrasi setelah kehilangan berat daktilitas setelah kehilangan berat dan kelekatan agregat terhadap aspal. Dalam penelitian ini metode penelitian dibagi menjadi tiga tahapan yaitu tahapan persiapan pelaksanaan dan analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan serbuk arang tempurung kelapa pada dasarnya mempengaruhi karakteristk aspal pada nilai berat jenis dan titik lembek memiliki kecenderungan naik yang artinya dari hasil penambahan serbuk arang tempurung kelapa dapat membuat nilai berat jenis dan titik lembek lebih baik sedangkan pada nilai penetrasi titik nyala titik bakar daktilitas kehilangan berat penetrasi setelah kehilangan berat daktilitas setelah kehilangan berat dan kelekatan aspal terhadap agregat memiliki kecenderungan turun yang artinya sifat aspal di atas menjadi lebih buruk. Hasil analisis statistik dapat disimpulkan bahwa penambahan serbuk arang tempurung kelapa memiliki pengaruh benar-benar nyata atau signifikan terhadap karakteristik sifat aspal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43967

Actions (login required)

View Item View Item